Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Mei 2021 12:48 WIB

TRAVEL NEWS

Masuk ke Arab Saudi Kini Tak Perlu Karantina, Asal Sudah Divaksinasi

A security guard checks temperature of man arriving at a shopping mall, as a screening precaution against the COVID-19 coronavirus pandemic, in the Saudi capital Riyadh on May 4, 2020, as malls reopen after authorities began a partial lifting of the coronavirus lockdown. (Photo by FAYEZ NURELDINE / AFP)
Foto: Ilustrasi (AFP/FAYEZ NURELDINE)
Riyadh -

Ada aturan baru yang ditetapkan oleh otoritas Arab Saudi. Traveler yang masuk ke Arab Saudi kini tak perlu menjalani karantina, asalkan sudah divaksinasi.

Otoritas Arab Saudi mengumumkan aturan terbaru terkait kunjungan traveler dari luar negeri masuk ke negara mereka. Aturan tersebut baru dikeluarkan Minggu (16/5) kemarin.

Dilansir dari Reuters, Senin (17/5/2021), traveler yang hendak bepergian ke Arab Saudi kini tak perlu menjalani karantina selama 7 hingga 14 hari, asal traveler sudah menjalani vaksinasi COVID-19.

Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA), menyebut mulai tanggal 20 Mei, pengunjung dari luar negeri non-Arab Saudi yang sudah divaksinasi, bisa langsung datang tanpa perlu menjalani karantina 14 hari.

Namun perlu diperhatikan dari negara mana traveler itu berasal. Pasalnya, Arab Saudi masih melarang traveler dari negara tertentu masuk melewati perbatasan mereka.

Selain harus sudah divaksinasi, traveler yang sudah pernah tertular COVID-19 namun sekarang sudah dinyatakan sembuh, juga bisa masuk ke Arab Saudi tanpa perlu lagi menjalani karantina.

Aturan sebelumnya menyebut semua traveler yang masuk ke Arab Saudi wajib menjalani karantina selama 7 hingga 14 hari tergantung dari negara mana mereka berasal. Setelah menjalani karantina, baru mereka diwajibkan menjalani tes PCR dan harus menunjukkan hasil yang negatif.

Dalam aturan baru ini, diatur juga tentang syarat masuk bagi traveler yang belum divaksinasi. Bagi traveler yang belum divaksinasi COVID-19 dan hendak masuk ke Arab Saudi, karantina tetap diwajibkan.

Lama waktu karantina bagi traveler yang belum divaksinasi adalah 7 hari. Karantina itu dengan biaya sendiri dan tidak ditanggung oleh pemerintah Arab Saudi.

Di hari keenam karantina, traveler wajib menjalani tes PCR dan harus menunjukkan hasil yang negatif. Traveler yang belum divaksinasi juga wajib untuk memiliki asuransi yang meng-cover risiko apabila dinyatakan positif COVID-19.



Simak Video "Arab Saudi Pastikan Ibadah Haji 2021 Hanya Untuk Domestik"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA