Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Mei 2021 12:40 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Hanya Bali, Sandiaga Uno Siapkan Work From Any Destination Lain

Heri Sutanton
detikTravel
Sandiaga Uno di Kotagede
Foto: (Heri Susanto/detikcom)
Yogyakarta -

Bali digadang-gadang jadi tempat Work From Home (WFH) untuk memulihkan ekonomi pariwisata. Nyatanya, tak hanya Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno tak hanya membidik Bali untuk memulihkan ekonomi pariwisata. Sandi tengah menyiapkan destinasi wisata lain yang berpotensi untuk bisa menjadi tempat bekerja.

"Pada akhirnya kita membuka work from any destination. Termasuk juga dari desa wisata. Jadi, kita buka peluang ini agar masyarakat segera beradaptasi," kata Sandi usai mengunjungi kerajinan perak Kotagede di Salim Silver, Kamis (20/5/2021).

Sandi menjelaskan Kemenparekraf saat ini tengah mempersiapkan tempat-tempat yang bisa mendukung work from any destination. Karena untuk bisa mendukung program tersebut, destinasi wisata harus memiliki fasilitas komplit.

"Termasuk fasilitas wifi. Fasilitas lainnya juga harus menunjang," katanya.

Sandiaga Uno di KotagedeSandiaga Uno di Kotagede Foto: (Heri Susanto/detikcom)

Untuk bisa memulihkan ekonomi, lanjut Sandi, wisatawan nusantara saat ini menjadi pasar utama. Oleh karena itu, perlu ada program yang bisa mendorong masyarakat berwisata. Salah satunya fasilitas untuk work from any destination.

"Kami menyadari, tidak ada peluang wisatawan asing. Terlalu beresiko, dan yang paling memungkinkan adalah menggarap wisatawan nusantara yang sebenarnya secara jumlah dan peluang lebih banyak," katanya.

Seperti telah diberitakan, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak masyarakat untuk bekerja dari Bali. Luhut mengaku ada sensasi lain bekerja dari tempat wisata.

Saat mengunjungi Yogyakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika mengunjungi sentra kerajinan perak Kotagede.

Merujuk hal tersebut, dirinya menekankan dua hal dalam membangkitkan kembali sektor parekraf nasional.

Pertama peningkatan kemampuan dalam memanfaatkan digitalisasi, yakni lewat penggunaan pasar online atau market place.

Kedua adalah pembuatan konten video terkait produk hingga sejarah dari ekonomi kreatif.

Lewat kedua langkah itu, Sandiaga Uno berharap pemasaran produk-produk ekonomi kreatif dapat secara langsung meningkat di masa depan.



Simak Video "Menparekraf Sandiaga Cicipi Aneka Kuliner Khas Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA