Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Mei 2021 13:35 WIB

TRAVEL NEWS

Pasca Lebaran, Jumlah Wisatawan ke Pangandaran Bakal Dibatasi

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pantai Pangandaran H+3 lebaran
Suasana Pantai Pangandaran H+3 Lebaran (Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Menjelang akhir pekan ini, Pemerintah Kabupaten Pangandaran melakukan pembatasan jumlah pengunjung di seluruh objek wisata. Langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan lonjakan wisatawan yang berujung pelanggaran protokol kesehatan.

Asisten Daerah III Pemkab Pangandaran Suheryana mengatakan, berkaca dari kejadian di Pantai Batukaras akhir pekan lalu, Pemkab membatasi pengunjung sesuai kapasitas lokasi objek wisata.

Suheryana mengatakan, destinasi wisata yang jumlah pengunjungnya dibatasi yakni Pantai Batukaras, Green Canyon, Pantai Batu Hiu, Pantai Pangandaran dan Pantai Karapyak.

"Untuk Pantai Pangandaran, sebelum pandemi saat ramai biasanya dikunjungi wisatawan sebanyak 106.160 orang. Setelah dibatasi tidak boleh lebih dari 20.000 atau hanya 19 persen saja," kata Suheryana, Jumat (21/5/2021).

Sementara Pantai Batukaras yang saat akhir pekan kondisi normal dikunjungi rata-rata 22.161 orang, sekarang tidak boleh lebih dari 4.000.

Sedangkan objek wisata Green Canyon yang biasanya rata-rata dikunjungi oleh 3.065 orang, kini dibatasi menjadi 1.000 orang.

Pantai Batu Hiu yang biasanya dikunjungi oleh 5.812 orang setelah pembatasan menjadi 2.000 orang. "Pantai Karapyak rata-rata dikunjungi 8.862 orang, sekarang dibatasi tidak boleh lebih dari 3.500 orang," tambahnya.

Pembatasan jumlah pengunjung ini akan dipantau di pintu masuk. Ketika sudah melebih batas maksimal, maka objek wisata akan ditutup.

"Jadi dipantau dari jumlah tiket yang terjual. Jika sudah melebih batas maksimal, gerbang akan ditutup," ujarnya.

Dia berharap, semua pihak baik wisatawan maupun pelaku usaha pariwisata bisa memahami kebijakan pembatasan wisatawan ini. Karena jika terjadi lagi pelanggaran protokol kesehatan, objek wisata Pangandaran bisa ditutup total.

"Lonjakan pengunjung sangat berpotensi untuk terjadi kerumunan. Makanya kami semaksimal mungkin terus melakukan pemantauan," tutupnya.



Simak Video "Buka Tutup Akses Pantai Pangandaran Demi Cegah Membludaknya Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA