Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Mei 2021 11:22 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Hanya Manusia, Harimau Juga Operasi Mata Lho

Tak Hanya Manusia, Harimau Juga Bisa Operasi Mata
Foto: (Shepreth Wildlife Park)
Royston, Inggris -

Jika operasi pada mata dilakukan pada manusia mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika pada harimau?

Mengutip BBC, Senin (24/5/2021) Ratna, Seekor harimau Sumatera berusia 17 tahun sebelumnya telah melakukan operasi katarak. Namun keadaannya memburuk.

Staf di taman margasatwa tempat harimau ini tinggal memperhatikan ada yang salah dengan mata kirinya. Seorang spesialis mendiagnosis ulkus kornea atau luka pada bagian kornea matanya.

Ahli bedah Dr David Williams dari Queen Veterinary School Hospital di Universitas Cambridge dan dokter hewan dari International Zoo Veterinary Group pun akhirnya melakukan operasi pada Ratna.

Menurut Inews.UK, operasi kornea pada harimau ini membutuhkan lebih banyak anestesi dibandingkan yang biasa diberikan kepada kucing dan anjing peliharaan. Tindakan berlangsung selama 30 menit.

Tak Hanya Manusia, Harimau Juga Bisa Operasi MataTak Hanya Manusia, Harimau Juga Bisa Operasi Mata Foto: (Shepreth Wildlife Park)

Prosedur operasi yang dilakukan melibatkan lipatan konjungtiva atau merah muda mata diamankan di atas kornea. Hal ini pun menjadi yang pertama kali dilakukan pada harimau.

"Ini seperti yang mungkin kita lakukan pada kucing domestik, tapi lebih banyak anestesi," kata dr Williams.

"Tapi kurasa tidak ada yang pernah melakukan ini sebelumnya pada spesies ini," tambahnya.

Ratna sudah menjalani operasi katarak sebelum dia dan anaknya dipindahkan ke rumahnya kini di Taman Margasatwa Shepreth, dekat Cambridge pada awal 2019. Ratna membutuhkan obat tetes mata setiap hari, kesehatan mata kirinya diawasi ketat oleh staf.

Namun operasi awal yang dilakukan pada bulan Februari untuk mengatasi perubahan warna itu tidak memberi efek yang diinginkan. Kondisi matanya terus memburuk.

"Saya pikir mungkin dia berhasil menusuk matanya pada sebatang bambu di kandangnya," kata Ahli bedah, Dr Williams saat memeriksa mata Ratna.

Hobi favoritnya adalah duduk di tempat paling atas di kandangnya, tapi direktur taman, Rebecca Willers mengatakan bahwa sebelum operasi, Ratna terlihat ragu untuk turun lagi. Namun untungnya, setelah operasi terakhir Ratna semakin percaya diri dan kondisinya semakin membaik.

"Koordinasinya tampaknya jauh lebih baik sekarang, dan yang terpenting operasi tersebut menghilangkan kebutuhan Ratna untuk mendapat obat tetes mata, dia tak pernah tertarik," tambahnya.

Tak Hanya Manusia, Harimau Juga Bisa Operasi MataRatna setelah dioperasi Foto: (Shepreth Wildlife Park)


Simak Video "Harimau Berkeliaran di Perkebunan Pasaman Barat, BKSDA Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA