Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Mei 2021 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Dibuka Kembali, Wisata Gunung Bromo dan Semeru Dibatasi Kuota 50 Persen

M Rofiq
detikTravel
Ilustrasi Gunung Semeru.
Gunung Semeru (M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) selaku pengelola wisata Gunung Bromo secara resmi membuka kembali aktivitas wisatawan pasca ditutup libur lebaran selama 11 hari, Senin (24/5/2021).

"Hari ini wisata Gunung Bromo dan pendakian ke Gunung Semeru dibuka kembali per tanggal 23 Mei 2021, tepat pukul 23:59 WIB, secara resmi wilayah wisata Tengger Semeru dibuka kembali, setelah ditutup selama 11 hari di libur Lebaran, mengantisipasi meningkatnya COVID- 19," ujar Kepala Seksi Wilayah 1 TNBTS, Sarmin, saat dihubungi detikTravel.

Penutupan total sementara di wilayah wisata area Bromo Tengger Semeru sejak tanggal 13 Mei mulai pukul 00:00 WIB sampai tanggal 23 Mei 2021 pukul 23:59 WIB, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan klaster baru tempat wisata.

Hanya perlu diingat, bagi wisatawan wajib membawa surat sehat dan bebas dari paparan COVID-19 dan patuh protokol kesehatan, dengan memakai masker, rajin cuci tangan dan bawa hamd sanitizer serta jaga jarak. Jangan sampai berkerumun dengan wisatawan lain.

Dan kuota tetap 50 persen kunjungan wisatawan ke salah satu gunung tercantik di dunia ini, dengan rincian di Bukit Cinta 56 orang per hari di Bukit Kedaluh 172 orang per hari, di Penanjakan 339 orang perhari, di Mentigen 200 orang perhari dan di Bukit Teletubbis dibatasi 867 orang per-harinya.

Subur Hari Handoyo selaku Kepala Resort Lautan Pasir TNBTS mengungkapkan, dibukanya kembali wisata Gunung Bromo dengan kuota kunjungan 50 persen sesuai dengan pertimbangan daya dukung dan daya tampung dengan protokol kesehatan dan physical distancing.

Petugas juga akan berpatroli di titik dan site wisata Gunung Bromo. Jika ada melanggar protokol kesehatan, bakal keluarkan dari area wisata Bromo.

"Dibukanya kembali pasca libur Lebaran, kuota kunjungan dibatasi 50 persen, dan wisatawan dihimbau patuh protokol kesehatan dan wajib bawa surat sehat dari paparan COVID- 19, dan petugas dari TNBTS gencar melakukan patroli keliling di titik dan spot wisata Gunung Bromo, apabila ditemukan wisatawan melanggar Prokes akan kami keluarkan," tegas Subur saat dihubungi.

Selain wisata Gunung Bromo, wisata di Gunung Semeru untuk pendakian juga dibuka kembali per hari ini.



Simak Video "Saat Kaki Gunung Semeru Berselimut Embun Es"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA