Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Mei 2021 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Mulai Hari Senin, Wisata Bromo dan Gunung Semeru Kembali Dibuka

Gunung Semeru
Ilustrasi Gunung Semeru (Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Malang -

Setelah sempat tutup sementara waktu, wisata Bromo dan Gunung Semeru kembali dibuka. Dimulai dari hari Senin ini.

Kabar baik itu pun diinfokan lewat laman Instagram resmi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, seperti dikutip detikTravel, Senin (24/5/2021).

"Wisata Gunung Bromo kembali dibuka, tanggal 24 Mei 2021 mulai pukul 00.001 WIB," bunyi informasinya.

Untuk berkunjung ke Gunung Bromo, traveler pun harus lebih dulu melakukan pendaftaran secara online di situs resmi yang tertera. Tak hanya wisata Bromo, pendakian Gunung Semeru juga telah kembali dibuka.

[Gambas:Instagram]




Hanya seperti wisata Bromo, traveler juga harus melakukan booking online terlebih dulu untuk mendaki Gunung Semeru. Pasalnya, jumlah pendaki ikut dibatasi lewat kuota per harinya.

"Untuk yang sudah memperoleh kuota, mimin ingatkan kembali untuk memperhatikan syarat-syaratnya sebelum memulai pendakian ya," tulis pengelola.

Saking tingginya minat pendaki, tak sedikit yang mengaku tidak kebagian kuota. Ada juga yang sudah mendapat kuota dan menanti hari pendakian.

"Dan saya tidak kebagian kuota," tulis @hari_andr***

"Wes full min," ujar @abi_kunt***

"Alhamdulillah besok prepare buat tgl 26," tulis @aan_tra***

Kuota pendaki Gunung Semeru akan bertambah 50 persen menjadi 300 orang per hari. Penambahan ini akan berlaku mulai 24 Mei 2021.

Kuota ini dibagi menjadi dua, yaitu 130 orang per hari untuk pendakian reguler dan 170 orang per hari untuk pendakian reschedule. Traveler boleh reschedule jika gagal mendaki pada tahun 2019 karena kebijakan penutupan akibat kebakaran hutan, kebijakan penutupan pandemi dan erupsi pada tahun 2020 dan kebijakan penutupan Lebaran Idul Fitri 1442 H tahun 2021.

Pendakian reschedule dapat melakukan pergantian anggota dan sejumlah anggota, kecuali 1 orang. Orang tersebut bisa ketua maupun anggota. Reschedule hanya dapat dilakukan satu kali saja, ya.

Agar tetap sesuai protokol, pendakian dilaksanakan dalam bentuk kelompok antara 4-7 orang. Kurang dari itu jumlah itu, pendaki reschedule harus bergabung dengan kelompok lain.

Gunung Semeru juga memberikan batas lama pendakian, yaitu 3 hari 2 malam. Batas akhir melakukan reschedule adalah sampai tanggal 31 Desember 2021. Reschedule dapat diakses melalui laman situs resminya.

Setelah mengatur ulang pendakian, traveler jangan lupa untuk mencetak bukti reschedule sebanyak 2 rangkap. Nantinya, booking-an tersebut akan diserahkan kepada petugas loket Ranupani di hari pendakian. Pendaki juga harus tetap mentaati SOP yang berlaku, ya.



Simak Video "Gunung Semeru Luncurkan Guguran Lava Pijar Sejauh 2 Km"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA