Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Mar 2021 20:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

11 Gunung Tertinggi di Indonesia Ada di Papua hingga NTB

Lusiana Mustinda
detikTravel
Tangga menuju ke Surga di Pegunungan Cartenz, Papua
Foto: Afif Farhan
Jakarta -

Gunung tertinggi di Indonesia menjadi salah satu aset negara yang mempunyai keindahan menawan. Gunung ini kebanyakan mengelilingi pulau yang ada di Indonesia.

Gunung tertinggi bisa ditemui di Papua, Jambi hingga NTB. Ada dua jalur pegunungan utama yang membuat Indonesia memiliki gunung tertinggi yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Bagi kamu yang berjiwa petualang harus mencoba mendaki salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini.

Ini beberapa gunung tertinggi di Indonesia:

1. Gunung Cartenz Pyramid

Gunung tertinggi di Indonesia ini lokasinya ada di Papua tepatnya ada di pegunungan Sudirman, Kabupaten Puncak Jaya. Gunung ini dengan ketinggian 4.884 mdpl.

Gunung Cartenz menjadi salah satu Seven Summit di dunia. Di puncak gunung Cartenz ada gletser atau padang salju yang tidak dimiliki gunung lainnya yang ada di Indonesia.

Puncak Gunung CartenzPuncak Gunung Cartenz Foto: Dokumentasi Marinir

2. Gunung Mandala

Gunung tertinggi di Indonesia kedua ini ada di Kabupaten Bintang, Papua. Puncak gunung Mandala memiliki ketinggian yang mencapai 4.760 mdpl. Dahulu gunung ini kabarnya memiliki salju, akan tetapi akibat pemanasan global salju tersebut telah tiada.

3. Gunung Puncak Trikora

Gunung Puncak Trikora memiliki nama lain Gunung Wilhelmina yang lokasinya ada di Papua Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian 4.750 mdpl. Gunung ini terletak di beberapa kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Ericaceous dan Hutan Dipterokarp Atas.

4. Gunung Ngga Pilimsit

Gunung Ngga Pilimsit memiliki nama Gunung Idenburg pada zaman kolonial. Gunung tertinggi di Indonesia ini ada di Provinsi Papua pada Pegunungan Maoke. Dengan ketinggian 4.717 mdpl. Puncak gunung Ngga Pilimsit dekat dengan puncak Cartenz Pyramid.

5. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi yang lainnya ini memiliki ketinggian mencapai 3.805 meter. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera. Walaupun biasa dipanjat para pendaki, gunung ini masih dalam kategori aktif.

6. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani letaknya ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Memiliki pemandangan yang indah, gunung ini memiliki ketinggian yang mencapai 3.762 meter. Ada juga Taman Nasional Lombok di sekitar gunung tersebut.

Gunung RinjaniGunung Rinjani Foto: Jonas Verstuyft-Unsplash

7. Gunung Semeru

Ada di film 5 cm, Gunung Semeru memiliki ketinggian yang mencapai 3.676 meter. Puncak gunung yang terletak di Jawa Timur dikenal dengan nama Mahameru. Gunung ini jadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang ada di Pulau Jawa.

Gunung SemeruGunung Semeru Foto: (Edelweiss Blogger/d'Traveler)

8. Gunung Sanggar

Gunung Sanggat ada di Nusa Tenggara Barat. Ini adalah gunung tertinggi di Indonesia setelah Gunung Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.564 mdpl.

9. Gunung Latimojong

Dikenal juga dengan nama Bulu Rantemario, gunung ini memiliki ketinggian 3.478 meter. Dari pusat kota Makassar, pendaki harus memakan waktu hingga 10 jam untuk mencapai kaki gunung.

gunungGunung Latimojong Foto: (Helen_s.maria/d'Traveler)

10. Gunung Slamet

Terletak di Jawa Tengah, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.428 meter. Gunung ini menjadi salah satu gunung yang masih aktif, bahkan tercatat gunung ini telah meletus sebanyak 42 kali.

Gunung Slamet.Gunung Slamet. Foto: Vandi Romadhon

11. Gunung Sumbing

Gunung ini memiliki ketinggian yang mencapai 3.371 meter. Terdapat tiga jalur pendakian yaitu cepit parakan, jalur bogowongso dan jalur desa garung. Gunung Sumbing menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Lansekap Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing terlihat sangat mempesona dari Gunung Prau. Momen matahari terbit pun seakan membuat nuansa menjadi romantisLansekap Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing terlihat sangat mempesona dari Gunung Prau. Momen matahari terbit pun seakan membuat nuansa menjadi romantis Foto: Rifkianto Nugroho


Simak Video "Kebakaran di Gunung Tertinggi di Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA