Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Mei 2021 15:47 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Waisak, Situ Cicerem Kuningan Dibanjiri Wisatawan

Bima Bagaskara
detikTravel
Situ Cicerem di Kuningan, Jabar
Situ Cicerem, Kuningan dipadati wisatawan pas Hari Raya Waisak (Bima Bagaskara/detikTravel)
Kuningan -

Libur Hari Raya Waisak dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke objek wisata. Di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat objek wisata Situ Cicerem mulai diserbu wisatawan dari berbagai daerah.

Pantauan detikcom Rabu (26/5/2021), objek wisata Situ Cicerem yang berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jabar itu terlihat dipadati wisatawan. Penngunjung yang datang ke Situ Cicerem ini mayoritas merupakan wisatawan lokal dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).

Situ Cicerem ini memang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan lokal manakala hari libur tiba. Bahkan, objek wisata di Kuningan itu sempat viral di media sosial karena keindahan alam berupa air situ atau danaunya yang indah.

Hadi Bahtiar (27), salah seorang wisatawan asal Cirebon, mengungkapkan sengaja memanfaatkan momen libur Hari Raya Waisak untuk berwisata ke Kuningan bersama keluarganya.

"Iya soalnya dekat dari Cirebon, jadi ke sini (Situ Cicerem) saja. Enak juga di sini tempatnya, terkenal di sosmed kan ini," kata Hadi saat diwawancarai.

Kunjungan Hadi ke Situ Cicerem bukan kali pertama. Dia sudah beberapa kali datang berwisata di Situ Cicerem.

Hadi bilang selain harga tiket masuk yang murah, keindahan alam di Situ Cicerem di tempat tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri baginya.

"Iya sudah tiga sampai empat kali ke sini. Enak aja disini cuacanya adem, banyak ikan-ikan, anak saya senang lihat ikan soalnya," kata Hadi.

Serupa, Rina Merlina (22) yang datang bersama teman-temannya memilih berlibur ke Situ Cicerem untuk kedua kalinya karena tidak bisa mengabaikan keindahannya. Dia juga bisa menambah koleksi foto di beberapa spot yang ada di kawasan itu.

"Mau foto di atas ayunan yang di bawahnya banyak ikan. Sebenarnya sudah pernah ke sini cuma waktu itu belum sempat foto di situ," kata Rina, wisatawan asli Kuningan.

Meski dipadati wisatawan, namun pengelola Situ Cicerem tidak mengabaikan penerapan protokol kesehatan. Melalui pengeras suara dan beberapa orang petugas, wisatawan selalu diingatkan untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak.

"Protokol kesehatan wajib buat siapapun yang datang, kalau tidak kita tidak izinkan masuk," ujar Dedeh, salah seorang pengelola wisata Situ Cicerem.

Menurutnya di momen libur Waisak ini diperkirakan ada sekitar 3.000 lebih pengunjung yang datang. Jumlah wisatawan yang datang itu naik signifikan dibanding hari biasa.

"Kalau hari ini kira-kira total pengunjung bisa 3.000 lebih, tapi itu total bukan yang ada di dalam. Kalau di dalam tetap dibatasi, tidak sampai membeludak," kata Dedeh.



Simak Video "Warganet Gaungkan #Waisak dan #VesakDay di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA