Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Mei 2021 20:20 WIB

TRAVEL NEWS

Perbatasan RI-Papua Nugini Dibuka Lagi, Selama Ini Lewat Jalur Tikus

Hari Suroto
detikTravel
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw
Foto: Hari Suroto/Istimewa
Jayapura -

Pos Lintas Batas (PLBN) Indonesia - Papua Nugini (PNG) di Skouw, Kota Jayapura akhirnya dibuka kembali mulai 21 Juni 2021. Perbatasan hanya dibuka dua hari dalam seminggu yaitu Selasa dan Kamis saja.

Pembukaan ini untuk jalur resmi dengan menggunakan paspor dan visa. Pembukaan akses kedua negara ini, berdasarkan kesepakatan antara Indonesia dengan PNG, dalam rangka akses perekonomian, yang dinilai menguntungkan kedua negara.

Selama ini warga kedua negara di perbatasan melakukan perjalanan keluar masuk ke kedua negara melalui jalur tidak resmi atau jalur tikus.

Jalur tikus ini oleh Indonesia maupun PNG tidak dilarang, dianggap sebagai jalur lintas tradisional, namun hanya berlaku bagi penduduk yang tinggal di kampung-kampung perbatasan.

Jalur tikus berlaku bagi pemilik kartu identitas warna kuning untuk warga PNG dan kartu merah bagi warga Indonesia.

Pembukaan akses PLBN Skouw secara resmi ini, tentu saja akan berdampak positif pada perputaran ekonomi di perbatasan kedua negara. Seperti diketahui warga PNG sangat tergantung dengan sembako dari pasar Indonesia, yang dinilai lebih murah dan lebih banyak pilihan jenisnya.

Pembukaan akses PLBN ini tetap menerapkan protokol kesehatan bagi warga kedua negara.

Seperti diketahui, selama pandemi covid-19, akses PLBN Skouw ditutup, sehingga warga hanya melalui jalur tikus dan wisatawan kedua negara tidak bisa berkunjung secara resmi ke PNG maupun Indonesia. Dengan dibukanya akses PLBN Skouw, pariwisata kedua negara juga diharapkan pulih kembali.

Hari Suroto, peneliti Balai Arkeologi Papua



Simak Video "Panglima TNI Bantu Angkatan Bersenjata Papua Nugini"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA