Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Jun 2021 10:34 WIB

TRAVEL NEWS

Luar Biasa, Ini Pria Buta Pertama Asia yang Taklukkan Everest

bonauli
detikTravel
Gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, tercatat bertambah tinggi 86 centimeter dibanding sebelumnya.
Gunung Everest (Getty Images)
Jakarta -

Seorang pria asal China berhasil mendaki Gunung Everest. Yang membuat luar biasa, pria ini seorang buta.

Pria ini bernama Zhang Hong, asal China Chongqing, China. Zhang berhasil menyelesaikan pendakian pada Kamis (27/5) lalu, seperti yang dilansir dari Reuters.

Karena ini Zhang menjadi tunanetra atau orang buta Asia pertama dan ketiga di dunia yang sukses mendaki Gunung Everest.

"Tidak peduli apakah Anda penyandang disabilitas atau normal, apakah Anda kehilangan penglihatan atau Anda tidak memiliki kaki atau tangan, tidak masalah selama Anda memiliki pikiran yang gigih, Anda selalu dapat menyelesaikan sesuatu yang dikatakan orang lain tidak bisa," kata Zhang.

Zhang kehilangan pengelihatan pada usia 21 tahun akrena glaukoma. Motivasinya terinspirasi dari Erik Weihenmayer, pendaki tunanetra asal Amerika yang mendaki Everest pada 2001.

Weihenmayer telah berhasil mendaki tujuh puncak tertinggi di dunia (Seven Summits). Pada usia 15 bulan ia didiagnosa mengidap retinoschisis dan mengidap kebutaan sejak usia 13 tahun.

Karena ini, Zhang mulai berlatih di bawah bimbingan teman pemandu gunungnya, Qiang Zi. Dirinya berhasil menyelesaikan pendakian di puncak Himalaya setinggi 8.849 mdpl bersama tiga pemandu.

"Saya masih sangat takut, karena saya tidak dapat melihat arah saya berjalan, dan saya tidak dapat menemukan pusat gravitasi saya, jadi kadang-kadang saya merasa akan jatuh," kata Zhang.

"Tapi saya terus berpikir, karena meski berat harus menghadapi kesulitan-kesulitan itu, ini salah satu komponen pendakian, ada kesulitan dan bahaya, inilah arti dari mendaki."

Nepal sendiri sudah membuka kembali Gunung Everest pada bulan April untuk pendaki internasional. Sebelumnya, Nepal menutup diri karena adanya pandemi.



Simak Video " Dua Orang Ini Cetak Rekor Pendakian Gunung Everest"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA