Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Jun 2021 20:43 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Berkaca Pentingsari, Desa Wisata Jangan Biasa-biasa Saja, dong

Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Jauh Hari/detikTravel
Sleman -

Menparekraf Sandiaga Uno berharap agar desa wisata di Indonesia bisa berkelanjutan. Menurutnya Desa Wisata Pentingsari, Cangkringan, Sleman, bisa menjadi inspirasi bagi desa wisata lain untuk bertahan dan berkembang.

"Pentingsari ini sudah 15 tahun lebih (berdiri). Candirejo (Kabupaten Magelang) sudah 25 tahun lebih. Ini bisa jadi satu inspirasi untuk community based tourism untuk desa wisata yang lain," kata Sandiaga saat melakukan kunjungan di Desa Wisata Pentingsari, Cangkringan, Sleman, Sabtu (5/6/2021).

Sandi melihat desa wisata Pentingsari bisa bertahan lama karena beberapa hal. Dari segi pengelolaannya, kata Sandi, penuh dengan konsep tata kelola yang baik.

Di dalamnya, lanjut Sandiaga Uno, ada keterbukaan, pelibatan masyarakat, transparasi, akuntabilitas juga ada keadilan karena semua terlibat. Ada inovasinya, ada adaptasinya, dan terakhir ada kolaborasinya.

"Jadi ini nanti ada forum dari saya dan Pak Singgih (Kadispar DIY) dan kepala dispar lain untuk berinteraksi. Desa wisata bukan hanya satu dua tahun setelah itu tidak berkelanjutan, tapi ini bisa memanjang. Jadi tidak hanya one hit wonder, hanya satu dua tahun tapi setelah itu tidak berkelanjutan," dia mengungkapkan.

Sandi juga menegaskan pemerintah tak semerta-merta lepas tangan dan membiarkan desa wisata berjalan sendiri.

"Ini tugas pemerintah. Kita harus memberikan regulasi, memberikan pendekatan dan pendampingan agar desa-desa wisata ini berkelanjutan," dia menegaskan.

Sandiaga turut mengapresiasi Desa Wisata Pentingsari yang mampu tumbuh dan berkembang sejak dibentuknya pada tahun 2008.

"Hari ini tentunya kita sangat mengapresiasi, bahwa Desa Wisata Pentingsari ini sudah menjadi inspirasi, sudah menjadi satu semangat kita semua untuk kebangkitan nasional," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Desa Wisata Pentingsari, Doto Yogantoro mengatakan keunggulan Desa Wisata Pentingsari terdapat dari pengalaman yang dijual. Wisatawan, kata Doto, misalnya bisa mencoba dan merasakan bertani secara langsung.

"Pentingsari kami pasti homestay, setelah itu ada paket seni budaya, atraksi pertanian, petualangan dan ekonomi kreatif semua kami jual dalam bentuk pengalaman," kata Doto.

Selain itu, saat ini ada wahana baru yakni Camper Van yang bekerjasama dengan Komunitas Jelajah. Harapannya, camoer van ini bisa menghubungkan desa satu dengan yang lainnya.

"Ini untuk menghubungkan dari desa satu ke desa lain yang tidak terjangkau dengan mobil biasa. Supaya yang dijual bukan hanya satu desa. Camper parknya ada di Pentingsari," ujar Sandiaga Uno.



Simak Video "Karakteristik Membangun Spot Desa Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA