Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Jun 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Pemandian Umum Jepang Jawab Pertanyaan "Ramai Nggak?"

Syanti Mustika
detikTravel
Two women taking bath together
Ilustrasi sento (Thinkstock)
Toyohashi -

Cara kreatif digunakan pemandian umum Jepang atau sento untuk mempermudah pengunjung memastikan keramaian di tempat mandi. Menggunakan bebek karet.

Sento menjadi pilihan warga Jepang untuk mandi dan berendam. Sento berupa bak mandi yang luas dan biasanya diisi oleh beberapa orang nyemplung bersama. Biasanya sih satu pemandian memiliki beberapa bak mandi.

Untuk kenyamanan, jumlah orang yang berendam tidak terlalu banyak. Makanya, mereka yang pergi ke sento bakal mengecek jumlah orang yang ada lebih dulu sebelum nyemplung.

Informasi jumlah orang di dalam sento bisa ditanyakan kepada resepsionis. Ada pula yang mengecek sandal di pintu masuk ke ruang ganti atau dengan menjulurkan kepala ke area mandi.

Tapi, ada kendalanya. Di antaranya, belum tentu resepsionis mengetahui betul orang yang berendam di satu waktu itu. Bisa jadi semuanya sedang benar-benar berendam atau malah sudah mentas. Sebabnya, biasanya sento memiliki beberapa kamar dan memungkinkan pengunjung untuk beristirahat dan bersantai selama satu jam, memesan makanan atau minuman setelah mandi.

Dilansir dari SoraNews, Kamis (10/6/2021), sebuah pemandian umum membuat terobosan agar pelanggan bisa mengecek dengan lebih cepat. Caranya, menggunakan bebek karet.

Sebab, sento dikenal memiliki beberapa kamar, dengan pengunjung dapat beristirahat dan bersantai selama satu jam, memesan atau minuman setelah mandi.



Sebuah pemandian di Kota Toyohashi, Prefektur Aichi, yang disebut Ninjinyu menawarkan sistem cerdas untuk memberi tahu para tamunya tentang betapa sibuknya pemandian mereka secara sekilas. Caranya lucu dan praktis sehingga menjadi viral.

Dalam Twitter disebutkan Ninjinyu menggunakan sistem bebek karet untuk menunjukkan jumlah orang yang saat ini berada di pemandian. Dengan mangkuk di sebelah kiri menunjukkan perkiraan tingkat keramaian di pemandian wanita, dan mangkuk di sebelah kanan menunjukkan keramaian pria.

Ninjinyu mengatakan menggunakan cara ini sebagai tanggapan atas banyak pertanyaan yang mereka terima dari pelanggan tentang betapa sibuknya pemandian itu. Karena staf mengisi mangkuk sendiri, dan situasinya dapat berubah dari waktu ke waktu, mungkin ada sedikit perbedaan dari yang ditunjukkan.

Oleh karena itu sento itu memberikan catatan di papan dengan kata-kata 'perkiraan' pada tanda 'keramaian saat ini' yang ditempel di mangkuk. Tetapi setidaknya jumlah bebek karet itu bisa digunakan sebagai patokan pengunjung untuk mengontrol harapan sebelum masuk sento.

Ninjinyu telah benar-benar menarik perhatian semua orang dengan solusi cerdas mereka untuk pertanyaan umum pelanggan. Mereka juga berencana untuk memberikan pembaruan rutin tentang mangkuk bebek di Twitter sehingga orang dapat mengetahui status pemandian saat ini sebelum mereka berkunjung.



Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA