Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Jun 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kalau Uangmu Pas-pasan, Pikir-pikir Lagi Deh Beli Superyacht!

Superyacht
Superyacht Azzam (Foto: CNN)
Jakarta -

Traveler yang tergiur membeli superyacht sebaiknya sudah benar-benar crazy rich. Rupanya, biaya tersembunyi untuk pemeliharaan tidak sedikit.

Diberitakan CNN, bagi kalangan umum, yang duitnya biasa-biasanya, apalagi bukan nasabah prioritas sebuah bank mapan, uang tersembunyi untuk perawatan superyacht itu bahkan enggak masuk akal saking besarnya.

Tapi, beda buat mereka yang berduit. Superyacht menjadi cara orang super kaya untuk berlibur lebih eksklusif tanpa gangguan.

Faktanya, superyacht tetap laris manis, bahkan saat pandemi virus Corona. Lebih dari satu miliar dolar telah dihabiskan untuk membeli superyacht di tahun ini. Kapal pesiar pendiri Amazon, Jeff Bezos, jadi salah satu yang paling mahal dengan perkiraan harga mencapai USD 500 juta.

Bukan cuma nominal sebesar itu yang perlu disiapkan untuk memiliki superyacht. Sebab, biaya perawatan untuk superyacht itu juga amat besar, mencapai puluhan juta dolar tiap tahun.

Menurut sebuah laporan broker Towergate Insurance yang berbasis di Inggris, pemilik superyacht akan menghabiskan setidaknya 10% dari harga pembelian untuk biaya tahunan. Biaya itu untuk pemeliharaan dan pengoperasian.

Contoh, Azzam, salah satu superyacht terbesar yang pernah dibangun dan dikabarkan menelan biaya sekitar USD 605 juta. Mungkin biaya turunan tahunannya mencapai USD 60 juta.

Kata Rupert Connor dari Luxury Yacht Group memperkirakan bahwa superyacht sepanjang 45 meter akan menelan biaya sekitar USD 2 juta per tahun atau sekitar USD 200.000 seminggu untuk biaya operasional.

SuperyachtPelabuhan Saint Tropez adalah salah satu marina paling mahal di Eropa (Foto: CNN)

Untuk apa semua uang itu?

Biaya-biaya besar superyacht digunakan untuk membeli bahan bakar, dok, asuransi kapal, dan perawatan.

Julia Skoptsova, pendiri perusahaan pialang Smart Yachts, memperkirakan bahwa biaya untuk mengasuransikan kapal pesiar sepanjang 50 meter adalah sekitar USD 73.000.

Sementara biaya bahan bakar bisa mencapai USD 281.000 untuk satu tahun tergantung pada seberapa jauh pemilik bepergian. Tagihan bahan bakar untuk superyacht besar yang melakukan perjalanan dari Karibia ke Prancis mungkin sekitar USD 70.000.

Persediaan logistik di atas kapal, seperti mainan air, perabotan, barang seni, persediaan medis, dan peralatan olahraga juga perlu biaya dalam jumlah besar. Barang-barang ini mungkin belum diperhitungkan oleh mereka yang terbiasa menyewa perahu yang terisi penuh.

Biaya paling besar lagi adalah kru. Seorang pemilik superyacht kemungkinan akan menghabiskan sekitar USD 860.850 setahun untuk gaji ABK kapal pesiar sepanjang 45 meter, menurut kalkulator biaya online Luxury Yacht Group.

SuperyachtSuperyacht (Foto: CNN)

Connor memperkirakan bahwa biaya kru menyumbang sekitar 42% hingga 48% dari pengeluaran tahunan untuk sebagian besar superyacht. Gaji, asuransi makanan, seragam, serta kursus pelatihan tentang wine hingga memancing semuanya tergabung jadi satu.

Seorang kapten kapal yang berpengalaman dengan ukuran 45 meter dapat memperoleh gaji hingga USD 192.000 per tahun. Sementara seorang ABK mungkin digaji sebesar USD 34.500.

Komunikasi onboard juga dapat membuat pemilik mengeluarkan uang yang cukup banyak, yakni sebesar USD 67.000. Ada biaya radio frekuensi sangat tinggi, komunikasi antar-awak, TV satelit, dan broadband kecepatan tinggi.

Tak hanya itu, biaya bersandar pun sangat mahal. Beberapa pelabuhan paling mahal, seperti marina Capri dan Marina Di Porto Cervo di Sardinia dapat mengenakan biaya hingga USD 3.675 per hari selama musim libur.

Meski demikian, superyacht akan berada di laut selama beberapa bulan dalam setahun. Mereka menghabiskan sisa waktu berlabuh di pelabuhan, yang dikenakan biaya dan asuransi Towergate memperkirakan bahwa biaya docking dapat mencapai USD 350.000.



Simak Video "Kapal Pesiar Mewah Terbakar Saat Berlabuh di Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA