Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Apr 2021 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Menakjubkan! Kala Superyacht 94 Meter Susuri Kanal Sempit Belanda

Superyacht Project 817
Superyacht Project 817 di kanal kecil Belanda (Foto: Tom van Oossanen/CNN)
Amsterdam -

Pemandangan superyacht besar membelah kanal Belanda ini bak mainan. Karena, ada kapal pesiar setinggi 94 meter menyusuri kanal dan mepet dengan perumahan.

Diberitakan CNN, tidak setiap hari Anda bisa melihat superyacht raksasa berkelok-kelok melalui kanal-kanal sempit di Belanda.

Fotografer Tom van Oossanen terbilang beruntung karena ada di lokasi untuk menangkap pemandangan yang menakjubkan ini. Adalah Project 817, sebuah kapal setinggi 94 meter yang dibangun oleh galangan kapal Belanda Feadship.

Superyacht ini diangkut dari fasilitas Pulau Kaag ke Laut Utara di Rotterdam pada minggu lalu. Oossanen merekam serangkaian gambar yang menakjubkan.

Superyacht ini merupakan salah satu yang terbesar yang akan diluncurkan pada tahun 2021. Ia dipandu kapal tunda, melewati perumahan, gereja dan banyak yang takjub saat melihatnya.

Menurut Oossanen, sekitar empat hingga enam superyacht dipindahkan di sepanjang rute ini setiap tahun sebelum melakukan uji coba berlayar di laut, biasanya dilakukan di Amsterdam. Namun, hanya sedikit yang sebesar Project 817, kemungkinan akan dikenal sebagai Viva saat diluncurkan secara resmi.

Pergerakan superyacht Project 817 menyebabkan gangguan serius di darat dan air. Kata Oossanen, kadang dibutuhkan hingga satu jam untuk melewati jembatan dan pasti membuat kemacetan di mana-mana.

Pulau Kaag adalah salah satu dari dua galangan kapal Feadship yang berbasis di pedalaman (jauh dari laut dan yang lainnya di Aalsmeer, dekat Schiphol). Artinya setiap kapal pesiar yang dikirim dari sini harus ditarik dengan susah payah dengan cara yang sama.

Superyacht Project 817Superyacht Project 817 di kanal kecil Belanda (Foto: Tom van Oossanen/CNN)

Kanal sempit nan ketat

Beberapa bagian kanal di sepanjang rute superyacht Project 817 hanya beberapa meter lebih lebar. Mempunyai lebar sekitar 14 meter, jadi butuh ekstra kehati-hatian dalam perjalanan ini.

"Superyacht Project 817 ini telah sepenuhnya dirancang agar benar-benar sesuai dengan jalur air, tak ada penambahan lebar meski se-inci," kata Oossanen. Selama ini ia hanya pernah melihat empat superyacht sebesar ini melakukan perjalanan yang sama.

Feadship mengatakan durasi transfer bergantung pada beberapa faktor berbeda, seperti jadwal angin dan jembatan. Proses ini dapat memakan waktu antara dua hingga empat hari dan perjalanan superyacht Project 817 hingga empat hari.

Superyacht Project 817Superyacht Project 817 di kanal kecil Belanda (Foto: Tom van Oossanen/CNN)

Selama tahap pertama operasi, Viva dipindahkan dari galangan kapal Pulau Kaag ke Danau Braassemermeer. Kapal dilengkapi dengan ponton untuk mengangkatnya sehingga tidak tenggelam terlalu dalam saat bermanuver melalui kanal.

Kapal tunda kemudian dipasang ke ponton di kedua sisi superyacht Project 817, yang juga dibungkus dengan lapisan pelindung. Kapal kecil ini akan memandu kapal melewati air dengan tepat.

Pada titik ini, superyacht Project 817 siap untuk didorong dan ditarik di sepanjang kanal. Kapal akan melintasi jembatan kecil di desa kecil Woubrugge, serta Alphen aan den Rijn, sebuah kota di barat Belanda, sebelum mencapai Kota Gouda, terletak di selatan Amsterdam, beberapa hari kemudian.

Sebuah tim yang terdiri dari lima ahli dan kru di kapal biasanya memandu superyacht ke laut, menurut Feadship.

Selanjutnya, transfer rumit superyacht Project 817 >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA