Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Jun 2021 17:03 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar Kota Paling Layak Huni di Dunia Tahun 2021

New Zealand band Six60 perform at Eden Park in Auckland, New Zealand, Saturday, April 24, 2021. Six60 is being billed as the biggest live act in the world since the coronavirus pandemic struck after New Zealand stamped out the spread of the virus, allowing life to return to normal. On Saturday, the band played a remarkable finale to their latest tour, performing in front of 50,000 people at the first-ever concert at Aucklands Eden Park.(AP Photo/David Rowland)
Warga Auckland, New Zealand sudah bebas menonton konser tanpa masker (Foto: AP/David Rowland)
Jakarta -

Dampak Covid-19 pada kehidupan global benar-benar menghancurkan. Dalam kurun waktu setahun, lockdown dan penutupan perbatasan berkepanjangan mempengaruhi orang di seluruh dunia juga daftar kota layak huni.

Namun, beberapa negara bernasib jauh lebih baik daripada dan mampu mengelola penyebaran virus Corona. Kini, beberapa di antaranya sudah melakukan kehidupan normal lebih dini.

New Zealand mendapat banyak pujian karena mampu menangani krisis pandemi dengan baik. Kini, salah satu kotanya mendapat predikat yang paling layak huni untuk tahun 2021.

Auckland menempati posisi teratas dalam daftar Indeks Liveability Global The Economist Intelligence Unit dari 140 kota di seluruh dunia. Ini berkat keberhasilannya dalam mengatasi pandemi dengan cepat, memungkinkan pembatasan dicabut sejak dini.

Daftar tahunan kota layak hini ditiadakan pada tahun 2020. Sebelumnya, Wina di Austria jadi nomor satu untuk tahun 2018 dan 2019 dan keluar dari posisi 10 besar karena sangat dipengaruhi oleh Covid dan sekarang ada di tempat ke-12.

Yang sigap Covid-19 jadi pemenang kota layak huni

Ibu kota New Zealand, Wellington, berada di urutan keempat dalam daftar kota paling layak huni untuk tahun ini bersama Tokyo di Jepang, dan empat kota di Australia. Kontrol perbatasan yang ketat telah diterapkan selama krisis hingga mereka bisa menempati 10 besar.

Adelaide, Perth, dan Brisbane masing-masing berada di urutan ketiga, keenam dan 10. Sementara Melbourne bersama Jenewa Swiss ada di urutan delapan.

Sementara itu, Tokyo bukan satu-satunya kota di Jepang yang berada di urutan teratas dalam daftar tersebut. Osaka yang menduduki peringkat empat pada tahun 2019, naik ke peringkat kedua.

Meski kota-kota di Asia-Pasifik ada di posisi teratas, Kanada masih menyumbang tiga kota unggulan, yakni Calgary, Vancouver dan Toronto. Di nomor 16, Vancouver adalah kota paling layak huninya.

Skor kota layak huni rata-rata global secara keseluruhan telah turun tujuh poin jika dibandingkan dengan angka sebelum pandemi.

Indeks Liveability Global memperhitungkan lebih dari 30 faktor kualitatif dan kuantitatif yang mencakup lima kategori besar: stabilitas (25%), perawatan kesehatan (20%), budaya dan lingkungan (25%), pendidikan (10%), dan infrastruktur (20%).

Kota paling layak huni di dunia 2021:

1. Auckland, New Zealand
2. Osaka, Jepang
3. Adelaide, Australia
4. Wellington, New Zealand
4. Tokyo, Jepang
6. Perth, Australia
7. Zurich, Swiss
8. Jenewa, Swiss
8. Melbourne, Australia
10. Brisbane, Australia.

Kota paling tidak layak huni di dunia 2021:

1. Damaskus, Suriah
2. Lagos, Nigeria
3. Port Moresby, Papua Nugini
4. Dhaka, Bangladesh
5. Aljir, Aljazair
6. Tripoli, Libya
7. Karachi, Pakistan
8. Harare, Zimbabwe
9. Douala, Kamerun
10. Caracas, Venezuela.



Simak Video "Temukan 2 Kasus Corona Baru, Auckland Lockdown Sepekan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA