Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jun 2021 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Masuk Zona Merah, Objek Wisata di Bandung Barat Tetap Boleh Buka

Whisnu Pradana
detikTravel
Anggota kepolisian mengalihkan jalur menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Pada cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW hari kedua, jalur wisata menuju Lembang dipadati kendaraan wisatawan, dan kepolisian memberlakukan pengalihan arus untuk mengurai kemacetan. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Bandung Barat -

Objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tetap diizinkan buka dan beroperasi secara normal, meskipun saat ini berada di zona merah atau daerah dengan risiko tinggi penyebaran COVID-19.

Berdasarkan rapat dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, alasan objek wisata tetap boleh yakni tak ada desa yang berada di zona merah COVID-19 berdasarkan hasil evaluasi Satgas COVID-19 KBB.

Dari catatan Satgas COVID-19 KBB, dari 165 desa di KBB ada 71 desa yang masuk zona hijau dan 94 desa di zona kuning. Sementara di tingkat kecamatan, Kecamatan Lembang menjadi penyumbang kasus COVID-19 terbanyak dengan 1.592 kasus. Disusul oleh Ngamprah dengan 1.325 kasus dan Padalarang dengan 1.169 kasus.

"Tetap diizinkan (buka), alasannya karena di tingkat desa KBB tidak ada yang masuk zona merah, mayoritas di zona hijau dan kuning," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) KBB Asep Sodikin kepada wartawan, Kamis (10/6/2021).

Meski boleh dibuka, pemerintah daerah KBB meminta kepada semua pelaku pariwisata Bandung Barat untuk membatasi jumlah kunjungan maksimal 25 persen dan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

"Protokol kesehatan itu wajib diterapkan, terutama 5M. Lalu kapasitas maksimal itu hanya 25 persen dan itu wajib dipatuhi," dia menegaskan.

Kembalinya KBB masuk ke zona merah penyebaran COVID-19 merupakan yang kedua kalinya hanya dalam kurun waktu satu bulan. KBB juga sempat berada di zona merah penyebaran COVID-19 pada 6 Mei 2021 atau sepekan menjelang Idul Fitri.

Berbeda dengan kondisi kali ini, saat itu Pemkab Bandung Barat langsung memutuskan menutup total kawasan wisata Lembang untuk sepekan mulai 7-14 Mei.

Merujuk pada data Satgas COVID-19 sejak tanggal 1 sampai 9 Juni 2021 ada penambahan 666 kasus positif Covid-19. Namun angka positif itu juga diikuti dengan jumlah kesembuhan yang mencapai 441 orang.

Hal itulah yang menjadi penyebab utama kembalinya KBB masuk zona merah. Faktor lainnya yakni penuhnya keterisian ruang isolasi khusus COVID-19 di tiga RSUD yang ada di Bandung Barat.

Wisata Bandung Barat memang menjadi salah satu favorit wisatawan. Di antaranya Sungai Cikahuripan, Curug Ngebul, Sanghyang Heuleut, Curug malela, dan Stone Garden.



Simak Video "Zona Merah di DKI Jakarta Hanya Tersisa 1 Lokasi, di Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA