Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Jun 2021 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Cuma Modal Bismillah, Latihan Fisik Sangat Disarankan Sebelum Naik Gunung

Femi Diah
detikTravel
Pendakian Gunung Kerinci di Jambi
Abdul Kadir Usman cs berfoto dengan latar Gunung Kerinci (Bisir for detikTravel)
Jakarta -

Mendaki gunung bukan cuma dilakukan oleh pendaki muda. Mereka yang sudah berumur pun tidak mau kalah dan menyadari modalnya tidak hanya bismillah.

Salah satunya Abdul Kadir Usman. Pria asal Cirebon itu rutin naik gunung kendati usianya sudah 58 tahun. Baru-baru ini, pria yang divonis diabetes dua tahun silam itu menyelesaikan pendakian Gunung Kerinci.

"Jalannya pelan-pelan. Enggak perlu buru-buru, dan Alhamdulillah sampai di puncak dan kembali dengan selamat," kata pria yang akrab disapa Bisir itu dalam obrolan dengan detikTravel.

Pendakian Gunung Kerinci di JambiAbdul Kadir Usman cs saat mendaki Gunung Kerinci di Jambi (Bisir for detikTravel)

Sejatinya, naik gunung bukan pengalaman baru buat Bisir. Dia anggota salah satu perhimpunan mahasiswa pecinta alam di Universitas Jenderal Soedirman, UPL MPA Unsoed. Tapi, dia sempat menepikan hobi naik gunung setelah over weight dan diabetes.

Dalam prosesnya, dua tahun terakhir, Bisir bisa menurunkan berat badan dan mengalahkan diabetes dengan pola makan tanpa nasi dan rajin olahraga.

Setahun terakhir itu pula, Bisir sudah mendaki sejumlah gunung di Jawa sebelum kemudian road trip ke Sumatera dan mendaki Gunung Kerinci.

Menyadari fisiknya tidak seoke waktu masih menjadi mapala, Bisir pun makin rajin olahraga sebelum mendaki gunung.

"Buat pendaki gunung, terutama seusia saya, latihan fisik saja yang rutin, jangan cuma modal Bismillah, tapi jangan memaksakan diri juga. Nyatanya kita (yang usianya sudah 50-an) masih bisa untuk mendaki gunung," kata Bisir.

Pendakian Gunung Kerinci di JambiBisir cs di puncak Gunung Kerinci Foto: Bisir for detikTravel

Bahkan, Bisir menambahkan, dalam satu tim yang melakukan pendakian Gunung Kerinci bersamanya itu, ada dua orang yang usianya sudah lebih dari 60 tahun.

"Selama kita tidak memaksakan diri semua akan baik-baik saja. Saatnya kita harus pergi ya pergi, kalau enggak bisa muncak ya jangan kecewa, jaga semangat saja," dia menambahkan.

Saat ini, Bisir masih berada di Sumatera. Bersama empat rekannya yang sepantaran, Bisir bakal melanjutkan pendakian ke gunung Dempo.



Simak Video "Kebun Kayu Manis, Keseharian Warga Kerinci, Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA