Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Jun 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Prit! Pendaki Nyampah di Arjuno Terancam Blacklist

Muhajir Arifin
detikTravel
Sampah di Gunung Arjuna
Foto: Instagram @upttahuraradensoerjo
Pasuruan -

Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo memperingatkan keras para pendaki yang membuang sampah di kawasan Gunung Arjuno-Welirang. Mereka terancam blacklist.

"Kalau sanksi suruh ambil lagi ke atas nggak mungkin. Sudah turun, fisiknya sudah drop, naik lagi. Kalau ada apa-apa kita yang disalahkan. Sanksi paling realistis dan efektif di-blacklist alias masuk daftar hitam," kata Kepala UPT Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi, Selasa (22/6/2021).

Wahyudi akan berkoordinasi dengan pengelola gunung lain. Daftar pendaki yang di-blacklist akan diberikan ke gunung lain.

"Kita akan memberikan referensi pada gunung-gunung lain. Kita juga minta data misalnya kalau ada yang sudah menjatuhkan sanksi ke siapa, kalau mendaftar ke kami kita tolak," dia menegaskan.

Keputusan itu diambil setelah petugas Tahura Raden Soerjo membersihkan tumpukan sampah di Gunung Arjuno-Welirang. Sampah itu milik para pendaki konyol dan tidak bertanggung jawab.

Petugas membersihkan tumpukan sampah di tiga lokasi, yakni Kopkopan, Pondokan dan Lembang Kijang, Sabtu (19/6). Aksi itu diabadikan dalam foto-foto yang diunggah akun Instagram resmi Taman Hutan Raya Raden Soerjo selaku pemangku kawasan konservasi Arjuno-Welirang. Akun @upttahuraradensoerjo itu mengunggah 4 foto.

Salah satu foto menampilkan tumpukan sampah plastik kantong kresek, kemasan makanan hingga botol air mineral. Sampah memenuhi tanah berbatu dan semak belukar di Gunung Arjuno.

"Pos Kopkopan, jalur Arjuno-Welirang via Tretes, sungguh tersayat hati kami melihat tumpukan sampah pendaki... (beberapa emoji menangis). Speechless, ternyata benar pendaki gunung belum tentu pecinta alam (beberapa emoji marah)," tulis @upttahuraradensoerjo, disimak detikcom, Selasa (22/6/2021).

Foto berikutnya menampilkan petugas membersihkan sampah tersebut, dan dipindah ke kantong. Unggahan itu ditutup dengan flyer bertuliskan: Gunung Bukan Tempat Sampah. Bawa Kembali Sampahmu!

"Bagi kalian yang memiliki hobi mendaki gunung, belajarlah untuk menjadi orang yang bertanggungjawab, mencintai lingkungan dan menghargai hak orang lain untuk mendapatkan air yang tidak tercemar sampah yang kalian buang sembarangan. Bawa kembali sampahmu pulang, jangan tinggalkan sampah di gunung!" tulis akun itu.



Simak Video "Petugas Evakuasi Pendaki yang Jatuh di Cadas Gunung Marapi Sumbar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA