Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Jun 2021 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Pemkab Bandung Barat Kembali Izinkan Objek Wisata Buka Pasca Penutupan

Whisnu Pradana
detikTravel
Pesona Jawa Barat memang tak pernah habis. Di Cicalengka ada wisata sunnah rosul yang bisa dijelajahi.
Ilustrasi objek wisata di Bandung Barat (Rafida Fauzia/detikTravel)
Bandung Barat -

Angin segar berhembus bagi pengelola objek wisata di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Akhirnya wisata di KBB diizinkan kembali buka dan beroperasi lagi mulai Jumat besok (25/6/2021).

Padahal pada hari Rabu (23/6), Pemerintah Daerah (Pemda) KBB memperpanjang masa penutupan seluruh objek wisata karena KBB masih bertahan di zona merah penyebaran COVID-19 hingga 29 Juni mendatang.

Diizinkannya objek wisata beroperasi lagi lantaran berdasarkan hasil evaluasi zona sebaran COVID-19 terbaru KBB kini sudah kembali ke zona oranye atau daerah risiko sedang penyebaran COVID-19.

"Untuk sekarang kita (KBB) ada di zona orange hasil evaluasi Satgas COVID-19 Provinsi Jawa Barat. Jadi untuk wisata boleh buka," ungkap Sekretaris Satgas COVID-19 KBB Duddy Prabowo saat dihubungi detikcom, Kamis (24/6/2021).

Sementara terkait Surat Edaran (SE) Bupati Bandung Barat terkait perpanjangan penutupan objek wisata KBB sampai 29 Juni mendatang, juga sudah mencantumkan keterangan jika KBB kembali ke zona oranye maka objek wisata diizinkan buka lagi.

"Karena kan kita terbitkan SE itu sudah mencantumkan keterangan itu, jadi kalau zona orange boleh buka tapi kalau zona merah ya diwajibkan tutup sampai waktu yang ditentukan," terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB Heri Partomo juga mengatakan jika objek wisata di KBB saat ini sudah diizinkan kembali beroperasi menindaklanjuti hasil evaluasi terbaru Satgas COVID-19 Provinsi Jawa Barat.

"Berhubung KBB ada pada zona oranye, otomatis destinasi wisata dibuka kembali sesuai ketentuan," kata Heri.

Syarat yang wajib dipatuhi para pengelola wisata saat membuka kembali wisatanya yakni penerapan protokol kesehatan secara ketat, di antaranya penerapan carrying capacity 25 persen.

"Untuk carrying capacity itu 25 persen dan wajib dipatuhi. Lalu untuk jam operasional maksimal sampai jam 18.00 WIB. Kita ingatkan pengelola dan pengunjung untuk disiplin menerapkan prokes," tandasnya.

General Manajer Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang Sapto Wahyudi mengatakan, pihaknya sudah menerima informasi tersebut. Namun untuk hari ini pihaknya masih melakukan persiapan sebelum buka kembali.

"Kita sudah terima informasi KBB zona oranye dan sudah boleh buka lagi. Cuma hari ini kita enggak langsung buka, prepare dulu," kata Sapto.



Simak Video "KPK Tetapkan Bupati Bandung Barat Tersangka Pengadaan Barang COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA