Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Jun 2021 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Venesia Masuk dalam Daftar Terancam Punah UNESCO

Kapal pesiar di Venesia
Kapal pesiar di Venesia (Foto: CNN)
Venesia -

Venesia masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO yang terancam punah. Badan penasihat lembaga itu mengatakan ada begitu banyak ancaman dari kapal pesiar besar yang berlabuh di pusat kotanya.

Rekomendasi atau rancangan keputusan terancam punah dibuat pada Senin lalu, mengutip pemberitaan CNN, Jumat (25/6/2021). Dalam laporan konservasi tahunan, Venesia telah ditambahkan ke agenda sementara untuk sesi pleno yang akan diadakan pada tanggal 16-31 Juli nanti.

Keputusan akhir akan diambil oleh Komite Warisan Dunia UNESCO. Laporan yang dihasilkan menjelang sesi memutuskan untuk mencantumkan Venesia dan lagunanya (Italia) pada daftar Warisan Dunia dalam Bahaya.

Salah satu ancaman itu adalah kapal pesiar yang terus melintasi laguna Venesia. Mereka berlayar melalui pusat kota bersejarah meski pemerintah Italia telah memutuskan pelarangan.

Pemerintah pusat mengeluarkan dekrit pada bulan Maret yang melarang pelayaran kapal pesiar besar dari laguna. Pemerintah juga menuntut agar tender dibuka untuk pembangunan pelabuhan di masa depan di luar laguna.

Namun, sebagai pengganti solusi permanen, kapal dijadwalkan untuk tetap bisa berlabuh di dalam laguna sampai pelabuhan baru dibangun. Dan pemerintah kota mendorong pembangunan pelabuhan industri di dalam laguna, meski tidak di pusat kota untuk menjadi solusi permanen.

Sementara itu, pelabuhan komersial juga belum siap untuk kapal pesiar. Artinya kapal pertama yang berlayar ke perairan pada musim panas ini akan tetap bisa berlabuh di pusat kota, berlayar melewati pusat kota ikonik melalui Kanal Giudecca, Venesia.

Wakil walikota Andrea Tomaello mengatakan kepada CNN pada bulan Mei bahwa dermaga Marghera akan siap digunakan pada akhir musim panas.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "UNESCO Tetapkan 4 Pulau di Jepang Sebagai Daftar Warisan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA