Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Jun 2021 13:56 WIB

TRAVEL NEWS

KA Baturraden Ekspres Diluncurkan, Hubungkan Purwokerto Bandung Lewat Utara

Arbi Anugrah
detikTravel
KA Baturraden Ekspres dari Purwokerto ke Bandung pp diluncurkan Jumat (25/6/2021).
KA Baturraden Ekspres dari Purwokerto ke Bandung pp diluncurkan Jumat (25/6/2021). (Arbi Anugrah/detikcom)
Purwokerto -

PT KAI Daop 5 Purwokerto meluncurkan Kereta Api (KA) Baturraden Ekspres di stasiun Purwokerto. KA Baturraden Ekspres tujuan Bandung melalui jalur utara seperti Cirebon- Cikampek, Purwakarta ini diharapkan dapat meningkatkan pariwisata.

"KA Baturraden yang kami luncurkan hari ini merupakan komitmen kereta api untuk terus membangkitkan kereta api yang sehat," ata Direktur Utama (Dirut) PT KAI Didiek Hartantyo kepada wartawan di stasiun Purwokerto, Jumat (25/6/2021).

"Dan, kenapa Baturraden Bandung, karena kami menghubungkan dua daerah wisata yang kami harapkan menjadi salah satu mesin pertumbuhan (ekonomi) ke depan. Karena, kalau kita lihat Baturraden ini merupakan satu ikon pariwisata yang ada di Banyumas," Didiek menambahkan.

Selain menumbuhkan ekonomi antar daerah melalui wisata, di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19 ini, kereta api juga menjadi salah satu moda transportasi yang sehat.

"Sejak saya kecil dulu Baturraden itu sudah melegenda. Kami hubungkan ini agar kebangkitan penumpang disini bisa tumbuh meningkatkan ekonomi. Namun di masa pandemi protokol kesehatan tetap menjadi yang utama," dia menjelaskan.

KA Baturraden Ekspres dari Purwokerto ke Bandung pp diluncurkan Jumat (25/6/2021).KA Baturraden Ekspres dari Purwokerto ke Bandung pp diluncurkan Jumat (25/6/2021). Foto: Arbi Anugrah/detikcom

Dia juga menyebut sejumlah inovasi kereta api, salah satunya dengan percepatan waktu tempuh KA.

"Kami akan percepat lagi, termasuk yang lewat Purwokerto ini sehingga daya saing kereta api ke depan akan mempunyai nilai tambah. Itu bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk bertransportasi dengan aman nyaman dan sehat," kata dia.

Didiek pun tidak terancam dengan adanya Bandara JB Soedirman di Purbalingga. Sebab, masing-masing moda transportasi memiliki keunggulan masing-masing.

"Menurut saya itu menjadi satu penunjang, artinya kita di kereta api tidak khawatir, karena harapannya masyarakat yang bertransportasi nanti dalam kondisi new normal ini akan lebih bangkit lagi. Dan masing masing moda transportasi pasti punya keunggulan dan menjadi referensi bagi para pelanggan," kata dia.

Halaman Selanjutnya --> Harga Tiket Terjangkau

Sementara menurut Bupati Banyumas Achmad Husein yang ikut dalam launching KA Baturraden Ekspres mengatakan jika pemilihan nama Baturraden menjadi nama KA ini dapat menggalakkan pariwisata yang ada di Kabupaten Banyumas.

"Saya ucapkan terimakasih, karena kami sedang menggalakkan pariwisata, malah disediakan kereta api yang bagus ini untuk ke Cirebon dan Bandung. Karena memang kita dari dulu minta Purwokerto Cirebon itu ada, Purwokerto Semarang itu ada," dia menjelaskan.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, dengan diluncurkannya KA Baturraden Ekspres ini, diharapkan tingkat pariwisata dapat meningkat.

"Gayung bersambut, karena ini musim pandemi, ada masalah pandemi tetapi kita masih punya harapan, harapan pariwisata yang ke depannya ini akan menjadi bagus. Jadi ini mengucapkan banyak terimakasih, mudah-mudahan nanti pandemi bisa cepat reda kemudian pariwisata bisa kita genjot sehingga nanti mata pencaharian mudah dapat dicarinya," kata dia.

Sementara menurut, salah satu penumpang KA Baturraden Ekspres, Lutfiah Maulida (23) mengatakan jika dengan adanya KA ini sangat membantu. Selama ini dirinya yang merupakan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto sering pulang menuju Cikampek penggunaan KA Singasari ataupun KA Serayu.

KA Baturraden Ekspres dari Purwokerto ke Bandung pp diluncurkan Jumat (25/6/2021).KA Baturraden Ekspres dari Purwokerto ke Bandung pp diluncurkan Jumat (25/6/2021). Foto: Arbi Anugrah/detikcom

"Ini sangat membantu, saya tujuannya ke Cikampek, biasanya ada KA Singasari, tapi menurut saya Singasari harganya terlalu mahal. Kalau Serayu lebih murah tapi terlalu lama. Dengan adanya kereta ini sangat membantu dengan rance harga yang relatif lebih terjangkau," kata dia.

KA Baturraden kelas Eksekutif dan Bisnis yang diluncurkan pada hari ini diberangkatkan pada pukul 05.40 WIB dan tiba di Bandung pada pukul 12.09 WIB. Adapun tarif Purwokerto - Bandung dibanderol dengan harga Rp 130.000 untuk kelas bisnis dan Rp 160.000 untuk kelas eksekutif.

Adapun jadwal keberangkatan dari Bandung, pada pukul 16.30 WIB dan tiba di Purwokerto pada pukul 22.54 WIB. Mengingat situasi pandemi, operasional KA Baturraden Ekspress belum dioperasikan setiap hari.

Rencananya selama Juni-Juli 2021, KA ini baru akan dioperasikan pada 24 dan 27 Juni, serta 2 dan 4 Juli 2021. Sebagai ketentuan yang berlaku selama masa pandemi, para penumpang KA Banyumas Ekspress wajib melampirkan surat keterangan bebas COVID-19 saat hendak menumpang kereta.

(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA