Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Jul 2021 08:10 WIB

TRAVEL NEWS

Bagaimana Cara Pesawat Mundur?

Pushback pesawat
Pushback pesawat (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagaimana cara pesawat mundur? Memang bisa ya armada udara ini melakukan gerakan itu?

Merujuk akun resmi Angkasa pura 1, jawabannya adalah... pesawat tidak bisa melakukan gerakan mundur. Hanya saja, pesawat kadang terpaksa harus mundur di beberapa momen, seperti mundur dari area apron ke landasan.

"#SahabatAP1, saat pesawat akan lepas landas, biasanya pesawat harus berjalan mundur dulu karena tempat parkirnya menghadap ke tempat yang enggak bisa dilewati pesawat seperti gedung terminal bandara," kata AP I.

Karena nggak bisa melakukan gerakan mundur sendiri, maka sebuah pesawat harus ditarik atau didorong. Apa namanya, sudah tahu traveler?

"Tapi, pesawat enggak bisa mundur sendiri, karena arah tenaga mesinnya hanya ke belakang aja. Untuk itu, pesawat butuh bantuan alat eksternal sebagai pendorong," begitulah AP I menyebut.

"Nah, proses mendorong mundur pesawat inilah yang biasa disebut dengan istilah pushback," akun itu menambahkan keterangan.

Pushback pesawatPushback pesawat (Foto: iStock)

Ada alat khusus untuk melakukan pushback pada pesawat. Mesin mirip mobil ini harus lebih rendah dari pesawat yang didorong dan dikaitkan dengan roda depan.

"Pushback dilakukan dengan menggunakan alat seperti pushback tractor, pushback truck, pushback tug. Agar prosesnya berjalan lancar, pushback tractor harus berbentuk lebih rendah dari pesawat," kata AP I.

[Gambas:Instagram]

"Pushback dilakukan dengan cara menyambungkan towbar di antara pesawat ke pushback tractor. Bagian yang didorong adalah roda depan pesawat," begitulah keterangan dalam AP I.

"Kalo #adminAP1 sih pernah melihat langsung proses pushback ini, kalau kalian ada yang pernah melihat secara langsung juga nggak?," akun tersebut menjelaskan.



Simak Video "Pesawat Kecil Mendarat Darurat di Jalan Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA