Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Jul 2021 18:18 WIB

TRAVEL NEWS

PPKM Darurat, NTB Siapkan Pergub Zona Hijau dan Tes Antigen Gratis

Gili Trawangan
Foto: Turis bule di Gili Trawangan (dok. Polda NTB)
Mataram -

Meski telah ditetapkan status PPKM Darurat, Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah menyiapkan Pergub Kawasan Zona Hijau dan juga tes antigen gratis bagi wisatawan.

Di tengah rasa khawatir yang dirasakan daerah lain di Indonesia, justru provinsi NTB lebih siap menuju pemulihan pariwisata dan ekonomi.

Secara statistik, data penyebaran COVID-19 di NTB cukup mendukung untuk diberlakukan peraturan gubernur (pergub) tentang kawasan wisata zona hijau. Dengan alasan tersebut, NTB kini telah menyiapkan pergub kawasan zona hijau.

Pengamat pariwisata, Taufan Rahmadi mendukung penuh kehadiran pergub wisata zona hijau tersebut. Taufan berharap, draft pergub yang sudah dirancang itu semoga bisa segera diterbitkan.

"Langkah awalnya harus ada pergub. Ditambah lagi jika pemerintah daerah berani memberikan rapid antigen dan vaksin secara gratis bagi wisatawan. Saya pribadi khususnya sangat mendukung langkah cemerlang pemprov NTB ini," kata Taufan dalam keterangannya kepada detikTravel, Jumat (2/7/2021).

Menurut Taufan, pulau Lombok Sumbawa sangat potensial untuk menjadi kawasan wisata zona hijau, karena punya banyak gili atau pulau-pulau yang penduduknya terbatas dan punya spot pariwisata indah.

"Lombok Sumbawa sudah mengantongi semua syarat dan ketentuan standar melahirkan wisata zona hijau. Karena itu sekarang adalah waktunya," imbuhnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengungkapkan sudah melakukan terobosan seperti mempercepat program vaksin bagi pelaku pariwisata. Yusron juga mendorong pelaku industri pariwisata menerapkan CHSE di lingkungan kerjanya.

Sampai saat ini juga belum ada pemberitahuan secara resmi terkait pembatalan sejumlah event besar yang akan tersaji di NTB, khususnya di Lombok.

"Ini menjadi langkah awal dan modal utama kita mewujudkan kawasan wisata zona hijau di NTB. Bahkan pulau Moyo di Sumbawa sudah kita siapkan," tutup Yusron.



Simak Video "Menjelang WSBK, Pemerintah NTB Kebut Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA