Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 03 Jul 2021 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Bisa-bisanya 2 Lukisan Abad ke-17 Senilai Rp 5 M Ditemukan di Tempat Sampah

2 Lukisan Ditemukan di Tempat Sampah
Foto: Lukisan ini ditemukan di tempat sampah (dok. Kepolisian Cologne)
Cologne -

Kepolisian Jerman dikejutkan dengan penemuan dua lukisan bersejarah dari abad ke-17. Kedua lukisan yang sangat berharga itu ditemukan di tong sampah.

Penemuan dua lukisan yang sangat berharga tersebut diketahui berkat laporan seorang pria berusia 64 tahun. Dia yang pertama kali menemukan lukisan itu. Dia menemukan lukisan tersebut tergeletak di tempat sampah rest area dekat kota Ohrenbach, Jerman Pusat, bulan lalu.

Dilansir detikTravel dari AP, Sabtu (3/7/2021), dia kemudian melaporkan temuannya, sekaligus menyerahkan lukisan lengkap dengan piguranya itu kepada kepolisian Cologne.

Menurut penilaian awal dari para ahli seni, dua lukisan tersebut adalah lukisan asli, bukan tiruan. Belum diketahui bagaimana dua lukisan tersebut bisa berakhir di tempat sampah.

Lukisan pertama yang ditemukan adalah 'Self Potrait' dari pelukis Pietro Belloti, yang menampilkan sosok seniman Italia tersebut sedang tersenyum, sambil menunjukkan gesture tangan 'Ok'. Lukisan tersebut bertuliskan tahun pembuatannya, yaitu 1665.

2 Lukisan Ditemukan di Tempat Sampah2 Lukisan Ditemukan di Tempat Sampah Foto: (dok. Kepolisian Cologne)

Lukisan bersejarah kedua yang ditemukan adalah lukisan 'Self Potrait' juga dari seorang pemuda yang tidak diketahui identitasnya. Pelukisnya adalah seniman terkenal Belanda, Samuel van Hoogstraten. Berbeda dengan lukisan Belloti, lukisan van Hoogstraten ini tidak bertanda tahun pembuatan.

Sampai saat ini, kepolisian Jerman masih mencari tahu siapa pemilik dari 2 lukisan tersebut. Belum diketahui apakah 2 lukisan itu dicuri atau sengaja dibuang oleh pemiliknya.

Tidak diketahui berapa nilai dari 2 lukisan yang ditemukan di tempat sampah tersebut. Namun sebagai gambaran, di beberapa situs lelang karya seni, lukisan Bellotti ada yang laku terjual seharga US$ 200 Ribu (setara Rp 2,9 Miliar).

Sementara untuk lukisan karya van Hoogstraten, ada yang pernah laku hingga USD 400 ribu. Jika dirupiahkan nilainya sekitar Rp 5,8 miliar.



Simak Video "Indahnya Lukisan Dila, Gadis Penyandang Disabilitas Asal Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA