Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Jul 2021 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Syarat Plesiran ke Phuket Tanpa Perlu Karantina

Femi Diah
detikTravel
Mulai 1 Juli, Phuket membuka diri bagi turis asing yang sudah menerima kedua vaksin COVID-19 dan berasal dari negara yang berkategori berisiko rendah hingga menengah.
Phuket buka gerbang wisata buat turis tanpa perlu karantina, namun ada syaratnya. (Getty Images/Sirachai Arunrugstichai)
Phuket -

Phuket membuka pintu wisata untuk turis asing yang sudah divaksin dan tidak perlu karantina. Selain itu, ada syarat yang harus dipenuhi.

Gerbang wisata Phuket dibuka mulai 1 Juli 2021 buat turis asing tanpa perlu karantina, kendati dibayangi gelombang lanjutan dan varian baru virus Corona. Risiko itu ditempuh karena Thailand tengah membutuhkan pemasukan. Di tahun-tahun sebelumnya, pariwisata menyumbangkan 1/5 APBN negeri gajah putih itu.

Thailand, khususnya Phuket, memang memiliki pesona khusus di mata traveler dunia. Faktanya, pada 2019, Phuket menduduki urutan ke-15 negara paling banyak dikunjungi turis dunia versi Top 100 City Destinations.

Thailand menyiapkan sejumlah langkah sebelum menjadikan Phuket sebagai percontohan wisata untuk turis asing dengan tagline Phuket sandbox itu. Dengan program itu, Thailand berharap bisa meraup pendapatan USD 278 juta (Rp 4 triliun lebih) dalam tiga bulan ke depan.

Pertama-tama, pemerintah Thailand menjadikan Phuket daftar prioritas vaksinasi Covid-19. Thailand telah memvaksin 70 persen penduduknya sebelum menerima kedatangan para turis asing dari Israel, Uni Emirat Arab, dan Qatar.

Dikutip dari berbagai sumber, Thailand juga menerapkan prosedur detail buat para turis. Termasuk, cuma membatasi turis asing dari 66 negara. Di antaranya, Australia, Amerika Serikat, China, Hong Kong, dan Singapura. Di daftar itu tidak ada Indonesia.

Turis asing yang masuk Thailand tanpa perlu karantina wajib sudah divaksin Covid-19 dua dosis. Selain itu, sejumlah syarat harus dipenuhi.

Berikut syarat buat turis asing yang masuk Phuket tanpa perlu karantina:

1. Negara asal masuk dalam daftar 66 negara yang bisa melancong ke Phuket

2. Menunjukkan sertifikasi vaksin yang disetujui WHO atau otoritas kesehatan Thailand yang sudah dimiliki sekurang-kurangnya 14 hari sebelum tiba di Phuket.

3. Bukti tes PCR negatif (diambil dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan).

4. Ijin masuk Thailand berupa visa atau lainnya.

5. Bukti pembayaran pemesanan hotel dan tes Covid-19 yang diperlukan serta bukti tiket pesawat keberangkatan.

6. Bukti turis cuma bepergian dari negara dengan risiko Covid-19 sedang/rendah sepanjang 21 hari sebelum penerbangan ke Phuket.

7. Setelah tiba di Phuket, turis menjalani pemeriksaan kesehatan dan mengunduh ThailandPlus.

8. Mengikuti dan membayar tes Covid-19 setelah berada di Phuket. Tes akan dilakukan pada hari keenam atau ketujuh kemudian ke-12 dan ke-13.

9. Setelah tes negatif Covid-19, turis bisa plesiran di Phuket. Andai tetap negatif Covid-19 setelah 14 hari, turis bisa menjelajah Thailand.

10. Memakai masker di tempat umum, termasuk di pantai dan di dalam mobil.



Simak Video "May Bay, Menikmati Indahnya Pemandangan Alam Khas Pantai, Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA