Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Jul 2021 18:31 WIB

TRAVEL NEWS

Catat Ya! Area Kemping Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga Ditutup

msl
detikTravel
Kawasan Cibodas memiliki tempat berkemah seru bareng keluarga. Kamu bisa melihat pemandangan Gunung Gede-Pangrango dari area camping.
Ilustrasi area kemping di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mengumumkan penutupan jalur pendakian mengikuti aturan PPKM darurat. Aturan serupa juga berlaku di area kempingnya.

Selama PPKM darurat, traveler tak bisa lagi berkemah di area kawasan TNGGP. Seperti diketahui bahwa destinasi ini begitu diminati pendaki dari Jabodetabek.

"Guna mengutamakan keselamatan kita semua dari Covid-19 dan sesuai surat menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi Republik Indonesia terkait implementasi PPKM darurat Jawa-Bali tanggal 3-20 Juli 2021, maka kegiatan wisata alam dan berkemah di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditutup sementara untuk umum dari tanggal 03 Juli s.d. 20 Juli 2021," kata pengelola lewat Instagram resminya.

[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, jalur pendakian Gunung Gede Pangrango ditutup sementara selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, mulai dari 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Humas Balai Besar TNGGP Poppy Oktadiany mengatakan penutupan segala kegiatan wisata alam, termasuk pendakian, di Gunung Gede Pagrango dilakukan sebagai tindak lanjut surat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia tentang Implementasi PPKM Darurat Jawa Bali.

"Kami ikuti aturan dari pusat, makanya mulai hari ini (3/7), pendakian ditutup sementara," ujar Poppy, Sabtu (3/7).

Dia mengatakan penutupan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango dilakukan mulai 3 hingga 20 Juli dengan catatan. Apabila kasus COVID-19 tetap mengalami peningkatan berdasarkan informasi dari Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 maka penutupan akan diperpanjang sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

"Jadi kami akan buka setelah memungkinkan kegiatan wisata dan berkemah aman," kata dia.

Dalam enam bulan terakhir pendakian Gunung Gede sudah dua kali mengalami penutupan.

Januari lalu pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ditutup untuk memulihkan ekosistem. Tapi penutupan yang awalnya hanya sampai akhir Februari, diperpanjang hingga Maret lantaran adanya cuaca ekstrem.

Pada Mei lalu, tepatnya saat momen mudik lebaran Idul Fitri, pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga ditutup. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di musim mudik dan arus balik.



Simak Video "Melihat Tempat Pertama Kali Elang Jawa Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA