Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Jul 2021 23:08 WIB

TRAVEL NEWS

Inggris dan Kisah Negeri Kelahiran Sepakbola

Stadion di Inggris
Stadion Wembley Inggris (Foto: Kedubes Inggris)
London -

Inggris begitu lekat dengan dunia sepakbola. Bahkan, negeri ini telah dianggap sebagai tempat kelahiran olahraga paling diminati orang di seluruh dunia itu. Begini kisahnya.

Stadion Wembley Inggris akan menjadi tuan rumah untuk Semi Final dan Final Euro 2020 pada minggu ini. Harapan para pendukung tim sepakbola Inggris akan kemenangan timnya tak terbendung lagi.

Lagu favorit penggemar tim Inggris yaitu 'Three Lions' ditulis ketika Inggris menjadi tuan rumah turnamen Euro 1996. Paduan suara "football's coming home" mencerminkan fakta bahwa Inggris menjadi tuan rumah turnamen saat itu dan bahwa sepakbola diciptakan di Inggris.

Olahraga sepakbola seperti yang kita kenal saat ini dapat kita telusuri asal muasalnya kembali ke paruh kedua tahun 1800-an. Ketika itu ada berbagai aturan permainan berbeda yang digunakan di Inggris sedang digabung untuk menjadi satu permainan yang baku.

Satu set peraturan dikukuhkan oleh klub tertua di dunia, yaitu Sheffield FC, yang didirikan pada tahun 1857, tetapi penerapannya masih berbeda-beda di seluruh negeri. Hal ini akhirnya mengarah pada pembentukan Asosiasi Sepak Bola, ketika sejumlah tim bertemu di Freemason Tavern di Covent Garden, sekarang bernama Freemason Arms, pada tahun 1863.

Selama enam kali pertemuan, aturan baru disepakati, meskipun tidak semua orang setuju, karena banyak klub yang ingin tetap memainkan bola dengan tangan mereka. Jadi mereka memilih untuk membentuk Rugby Football Union pada tahun 1871.

Beberapa pertandingan terus berlangsung di Inggris tanpa penerapan aturan yang seragam, tetapi dengan pembentukannya Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada tahun 1886 oleh Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia, dikukuhkanlah 17 peraturan dasar untuk permainan sehingga negara-negara bisa lebih mudah bermain satu sama lain.

Ini adalah periode yang ditampilkan dalam acara Netflix "The English Game", yang menggambarkan pembagian kelas yang umum dalam olahraga pada saat itu.

Stadion di InggrisStadion di Inggris (Foto: Kedubes Inggris)

Latar belakang klub bola

Awalnya, anggota tim klub sepak bola berasal dari berbagai latar belakang. Di selatan Inggris, tim dibentuk dari kalangan perguruan tinggi dan sekolah umum, seperti Eton dan Harrow, sementara di Inggris bagian utara, pemainnya berasal dari kalangan kelas pekerja, di mana banyak pabrik dan perusahaan tekstil memiliki tim sendiri.

Di balik aturan baru untuk permainan ini, 12 klub dari seluruh Inggris bagian utara dan bagian tengah sama-sama mendirikan liga sepak bola pada tahun 1888. Olahraga ini makin berkembang sejak momen itu.

Adalah Aston Villa yang dibentuk oleh anggota Villa Cross Wesleyan Chapel yang mengawali. Sejak tahun 1897, klub ini telah memainkan pertandingan kandangnya di Villa Park, yang dulunya merupakan taman hiburan bergaya Victoria yang dikembangkan di bekas lahan Aston Hall.

Dulu, itu adalah komplek rumah megah bergaya Jacobean dengan taman yang indah yang telah ada sejak pertengahan abad ke-17. Tempat bersejarah ini tidaklah jauh dari stadion Villa Park saat ini.

Pengunjung yang ingin merasakan lebih banyak warisan sepak bola di kawasan ini juga dapat mengunjungi Molineux, rumah bagi pemain klub Wolves (Wolverhampton Wanderers) sejak 1889.

Sebagai salah satu klub pendiri asosiasi, museum interaktif di dalam stadion ini akan membawa pengunjung ke masa lampau melalui tahun-tahun awal sepak bola modern. Sementara tur stadion memberikan cuplikan di balik layar ke momen-momen tak terlupakan dari sejarah klub bolanya.

Warisan sepakbola di Manchester

Beberapa klub lain dapat melacak asal-usul mereka hingga ke tempat kerjanya. Manchester United yang terkenal awalnya dibentuk oleh pekerja gudang di perusahaan kereta api Lancashire and Yorkshire Railway di Newton Heath pada tahun 1878.

Setelah mengubah nama mereka pada tahun 1902, klub ini pindah ke stadion Old Trafford pada tahun 1910 dan menetap di sana sampai saat ini. Kecuali di tahun 1940- an ketika kerusakan akibat perang yang membuat mereka harus berbagi tanah dengan saingan mereka, yaitu Manchester City.

Apabila Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang warisan klub bola yang terkenal di kota ini, Anda dapat pergi ke museum dan melakukan tur di stadion. Atau, di luar lapangan, pengunjung dapat berfoto dengan patung United Trinity, yang menampilkan Sir Bobby Charlton, George Best dan Denis Law, tiga tokoh bersejarah yang menjadikan United menjadi klub pertama Inggris yang memenangkan Piala Eropa pada tahun 1968.

Penggemar sepak bola di Manchester juga dapat mengunjungi Stadion Etihad Manchester City, atau memulai perjalanan interaktif di National Football Museum, yang terletak di gedung Urbis yang mencolok di pusat kota. Cobalah adu penalti dan permainan interaktif lainnya hingga memegang piala replika dan baju jersey dari berbagai pertandingan penting klub ini.

Stadion di InggrisStadion di Inggris (Foto: Kedubes Inggris)

Selanjutnya Persaingan sepakbola Liverpool

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Pangeran William-Ed Sheeran Jadi Saksi Kemenangan Inggris di Euro 2020"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA