Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Jul 2021 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Beruang Grizzly hingga Singa Gunung Ikut Vaksin Covid-19 Juga, Lho

Beruang grizzly
Ilustrasi beruang grizzly (iStockphoto)
Jakarta -

Tak hanya manusia, hewan juga mendapatkan vaksinasi Covid-19. Kebun binatang Oakland memvaksin beruang hingga singa.

Mengutip Travel+Leisure, Kebun Binatang Oakland, California telah memberikan vaksin pada beberapa hewan. Vaksin eksperimental baru tersebut diformulasikan khusus untuk hewan.

Hewan pertama di kebun binatang tersebut yang menerima vaksin adalah dua harimau yang bernama Ginger dan Molly. Mengapa harimau? Rupanya, hewan ini sangat rentan tertular virus Corona.

Sejauh ini, Kebun Binatang Oakland telah memberi vaksin harimau, beruang grizzly, beruang hitam, singa gunung dan musang untuk melawan penyakit tersebut. Vaksin merupakan pencegahan, meski sampai saat ini belum ada hewan yang terinfeksi Corona.

"Ada kasus nyata hewan menjadi sakit ringan, sakit parah atau bahkan mati. Itulah mengapa kami sangat proaktif," kata Alex Herman, wakil presiden layanan veteriner di Kebun Binatang Oakland, kepada San Francisco Chronicle.

[Gambas:Instagram]



Selain itu, pemberian vaksin Covid-19 kepada satwa-satwa itu dikarenakan banyak hewan di kebun binatang Oakland yang merupakan spesies terancam punah. So, sakit menjadi risiko yang amat tinggi bagi hewan-hewan itu.

Kebun binatang ini juga akan memvaksin simpanse, singa dan dua hyena. Sebanyak 110 hewan akan menerima vaksin.

Vaksin yang diberikan pada hewan tersebut dikembangkan oleh Zoetis, sebuah perusahaan kesehatan hewan yang menyumbangkan lebih dari 11.000 dosis vaksin hampir ke 70 kebun binatang dan organisasi lain, seperti Cagar Alam dan konservatori di 27 negara bagian berbeda.

Menurut dr Alex, bagi hewan di Kebun Binatang Oakland, vaksin COVID-19 sama seperti vaksin lainnya. Hewan-hewan terbiasa mendapat perawatan pencegahan seperti vaksin dan dilatih secara sukarela berpartisipasi dalam perawatan medis mereka.Misalnya saja, selama perawatan, harimau menerima susu kambing yang disemprotkan ke dalam mulut mereka.

Tahun lalu, seekor harimau di Kebun Binatang Bronx di New York dinyatakan positif COVID-19. Menurut pejabat kesehatan, hewan-hewan kontak dengan karyawan kebun binatang yang terinfeksi Corona tanpa gejala.



Simak Video "Pelaku Diduga Aniaya Satwa Langka Simpai di Sumbar Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA