Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 10 Jul 2021 09:55 WIB

TRAVEL NEWS

5 Perlengkapan Wajib Dibawa Saat Road Trip

Ilustrasi road trip
Ilustrasi road trip (Foto: Unsplash)
Jakarta -

Traveler ada yang berencana melakukan road trip? Jika iya, lima perlengkapan ini jangan sampai ketinggalan ya.

Kegiatan road trip diprediksi akan booming di tahun 2021, seperti diungkapkan oleh produsen peralatan luar ruangan, EIGER Adventure. Katanya, aktivitas ini dapat mengurangi kekhawatiran saat berlibur.

Dikutip dari World Health Organization (WHO), ketakutan dan kekhawatiran merupakan respon yang wajar dirasakan saat menghadapi situasi yang tidak menentu, seperti di kondisi pandemi COVID-19.

Dengan kondisi saat ini, berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menjaga kondisi fisik dan mentalnya, seperti tetap melakukan kegiatan fisik, bermain ke alam dan tetap menjalin hubungan dengan keluarga atau kerabat hingga road trip. Tentunya semua kegiatan itu dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tidak dapat dipungkiri, pandemi saat ini mempersulit masyarakat untuk menikmati liburan, terutama ketika harus bepergian menggunakan transportasi umum.

"Analisa tim Trend & Market Research EIGER Adventure menunjukkan bahwa salahsatu jenis kegiatan yang dapat menjadi contoh untuk mengurangi kekhawatiran saat berlibur adalah dengan melakukan road trip," terang Tania Avianti, Senior Officer Trend Research EIGER Adventure.

"Terlebih, kegiatan road trip ini juga diprediksi akan booming di tahun 2021," ujar dia menambahkan. Selain menjadi salah satu solusi saat pandemi, road trip menjadi pilihan untuk mereka yang suka menjelajah destinasi lokal dengan kecepatannya sendiri.

"Secara pengertian, road trip merupakan perjalanan menggunakan kendaraan mobil pribadi dengan tujuan untuk menyusuri titik-titik di daerah yang dituju," imbuh Galih Donikara, selaku EIGER Adventure Service Team (EAST) Manager dan penggiat kegiatan luar ruang.

Mengingat perjalanan yang ditempuh bukan dalam waktu yang sebentar, Galih menyarankan untuk melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan road trip. Persiapan fisik, pemahaman medan dan area yang akan dituju, outfit yang digunakan selama perjalanan, juga ketersediaan perlengkapan di mobil haruslah memadai.

Berikut adalah lima perlengkapan yang harus dibawa saat road trip dan disarankan oleh tim EIGER Adventure Service Team (EAST):

1. Travel bag organizer

Travel bag organizer memudahkan dalam membawa banyak barang dengan rapi sehingga mudah dalam mencari barang. Disarankan untuk memisahkan barang-barang yang dibawa sesuai kebutuhannya, per kegiatan, ataupun per hari dalam perjalanan tersebut.

2. Car organizer

Dalam kegiatan road trip, waktu akan banyak dihabiskan di dalam mobil. Agar memudahkan dalam perjalanan, EIGER Adventure Service Team (EAST) menyarankan untuk membuat kondisi mobil serapi mungkin, salah satunya dengan menggunakan car organizer yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang esensial.

3. Masker dan hand sanitizer

Dengan kondisi pandemi seperti ini, protokol kesehatan harus selalu diperhatikan. Sesuai anjuran, penggunaan masker kain disarankan untuk menjadi layer kedua setelah menggunakan masker medis. Selain itu, hand sanitizer juga salah satu barang yang wajib dibawa dalam road trip.

4. Perlengkapan Makan

Cutlery Set atau perlengkapan makan multifungsi yang terdiri dari garpu, sendok, pisau, pembuka botol/kaleng, pembuka sumbat botol, reamer, dan gantungan kunci, merupakan perlengkapan yang sangat direkomendasikan EIGER Adventure Service Team (EAST) untuk dibawa saat eksplorasi di hutan maupun dalam perjalanan.

Khususnya di tengah kondisi pandemi, EIGER Adventure Service Team (EAST) mengingatkan untuk menggunakan perlengkapan makan pribadi saat bepergian.

5. Botol Air Minum

Sebagai salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik, EIGER Adventure Service Team (EAST) selalu menyarankan untuk membawa botol air minum pribadi dalam segala jenis kegiatan, termasuk saat road trip.



Simak Video "Inggris Kirim Bantuan Perlengkapan Senjata ke Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA