Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Jul 2021 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Akibat PPKM, Taman Wisata Umbul Buka Donasi untuk Pakan Satwa

Antara
detikTravel
Taman Wisata Umbul di Madiun.
Foto: (dok Antara)
Madiun -

PPKM membuat sejumlah kebun binatang terus merugi, tak terkecuali Taman Wisata Umbul di Madiun. Mereka pun membuka donasi untuk pakan satwa.

Penutupan Taman Wisata Umbul atau Madiun Umbul Square di Kabupaten Madiun, Jawa Timur akibat pandemi membuat pengelola kesulitan memenuhi kebutuhan satwa koleksinya. Sebab, penutupan membuat pengelola kehilangan pemasukan untuk modal operasional mereka.

"Selama pandemi, Taman Umbul banyak tutupnya sebagai imbas dari penerapan PPKM Mikro dan saat ini darurat. Bedanya Umbul dengan yang lain, meski tutup kami masih ada para satwa yang harus dirawat dan dijaga keberlangsungannya," kata Direktur Taman Wisata Umbul Kabupaten Madiun Afri Handoko pada Antara seperti dikutip detikTravel, Sabtu (10/7/2021).

Manajemen akhirnya memutuskan membuka donasi bagi masyarakat yang ingin membantu untuk kebutuhan pakan satwa di kebun binatang. Ada 168 satwa yang dirawat di Taman Wisata Umbul dari berbagai jenis mamalia, aves dan reptil.

Kebutuhan mendasar untuk pemeliharaan hewan-hewan tersebut di antaranya makanan satwa berupa buah-buahan, daging ayam segar dan obat-obatan.

Afri menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan memberikan donasi untuk pemeliharaan koleksi satwa di Taman Umbul. Meski demikian, donasi terus dibuka karena pandemi belum diketahui kapan berakhir.

"Harapan kami, pandemi segera berakhir. Paling tidak kasus Covid-19 dapat terkendali, sehingga sektor ekonomi dan pariwisata dapat dibuka kembali," kata Afri.

Kebun binatang di Taman Wisata Umbul Madiun telah memiliki izin prinsip sebagai lembaga konservasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Sejumlah satwa dilindungi yang ada di kebun binatang Taman Wisata Umbul Madiun, di antaranya Binturung, Merak Hijau, Rusa Tutul, Buaya Muara, Kakaktua Jambul Kuning, dan Beruang Madu.



Simak Video "Rumah Megah Milik Kyai di Madiun yang Jadi Tempat Wisata Religi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA