Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Jul 2021 18:27 WIB

TRAVEL NEWS

Kayak di Film Scifi, Lithuania Punya Portal Digital ke Polandia

Portal digital di Vilnius, Lithuania.
Foto: (Go Vilnius)
Vilnius -

Kadang film scifi dapat menjadi gambaran nyata di masa kini. Contohnya seperti portal digital yang dimiliki Lithuania ini.

Pandemi yang tak berkesudahan membuat Pemerintah Lithuania hadir dengan sebuah gagasan yang futuristik. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Sabtu (10/7/2021), yang terbaru mereka membuat sebuah portal digital ke kota lain seperti dikutip dari The Verge.

Diketahui, portal digital itu dibuat menyerupai pintu lingkaran di film sci-fi Stargate. Portal itu sendiri ditaruh di Ibu Kota Vilnius dan disambungkan ke Kota Lublin di Polandia yang berjarak 600 Km.

Kedua portal itu mengambil wujud layar berukuran besar yang dilengkapi dengan fitur kamera. Tujuannya, masing-masing portal dapat menampilkan gambar nyata dan live di kedua kota besar itu.

Untuk infomasi, portal itu merupakan proyek kolaborasi antara Benediktas Gylys Foundation, Kota Vilnius, Kota Lublin dan Crossroads Centre for Intercultural Creative Initiatives.

Adapun tujuan dari dibuatnya portal digital itu adalah untuk menyadarkan maksud dari persatuan, sekali pun terpisah jarak ratusan kilometer jauhnya.

"Kemanusiaan mengalami banyak tantangan mematikan, baik itu polarisasi sosial, perubahan iklim atau isu ekonomi. Hanya apabila kita melihat lebih dekat, kurangnya empati dan pendeknya persepsi sebatas perbatasan negara menjadi masalah," ujar sang pencipta, Benediktus Gylys.

Lebih lanjut, ia berharap agar portal digital itu dapat menjadi jembatan yang mempersatukan prasangka dan ketidaksetujuan di masa lalu.

Fakta menarik lainnya, portal digital itu memakan waktu pembuatan selama 5 tahun dan diperkenalkan baru-baru ini. Ada wacana untuk membuat portal digital lain di kota lain di masa mendatang.



Simak Video "Penyair Polandia Adam Zagajewski Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA