Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Jul 2021 22:08 WIB

TRAVEL NEWS

Bekas Pembakaran Sampah, Ini Lokasi Fashion Show BTS dan Louis Vuitton

bonauli
detikTravel
BTS dalam gelaran fashion show Louis Vuitton
BTS dalam fashion show Loius Vuitton (dok. Louis Vuitton)
Bucheon, Korea Selatan -

BTS kini debut sebagai model fesyen Louis Vuitton. Tak hanya busana, lokasi fashion show-nya juga luar biasa. Video fashion show BTS sukses dirilis pada Rabu (7/7) lalu. Diproduksi di Korea Selatan, BTS memakai rancangan dari Virgil Abloh, sang desainer.

RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook mengenakan koleksi Louis Vuitton Men Fall Winter 2021. Ditemani belasan model, BTS berpose di sebuah bangunan dengan tema industrial.

Bangunan yang digunakan ini tak luput dari perhatian. Ternyata lokasi fashion show ini termasuk bangunan punya kisah yang tak biasa.

[Gambas:Instagram]

Nama bangunan ini adalah Bucheon Art Bunker B39. Berlokasi di Samjeong-dong, Buncheon, bangunan ini bekas pusat pembakaran sampah yang mulai beroperasi pada tahun 1995.

Pada masanya, Bucheon Art Bunker B39 menangani lebih dari 200 ton sampah setiap harinya. Namun karena adanya peningkatan emisi dioksin beracun, tempat ini dikritik warga.

Akhirnya pemerintah Korea Selatan menutup pabrik tersebut pada tahun 2010. Tahun 214, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dan Kota Bucheon menggalang dana untuk merenovasi bangunan ini sepenuhnya. Kemudian bangunan dikembalikan kepada masyarakat sebagai pusat budaya dan seni.

[Gambas:Instagram]

Bangunan ini dijadikan ruang seni dan budaya dengan nama Bucheon Art Bunker B39 pada tahun 2018. "B" di B39 adalah singkatan dari "Bucheon", "Bunker", dan "Borderless" dan 39 mengacu pada ketinggian bunker yang berdiri di 39 meter dan dekat dengan National Highway 39.

Seisi bangunan diubah oleh perancang Kim Kwang Soo. Kim memadukan arsitektur modern dan lama dengan gaya yang lebih estetik. Ruang-ruang lama dipertahankan dan menjadikan ruang pameran dan kafe. Sementara ruangan lain menjadi bengkel dan studio seni.

Sentuhan industrial masih sangat kental dalam eksterior dan interior. Kesan pabriknya sengaja tidak dihilangkan namun sudah terasa berbeda.

Saat ini Bucheon Art Bunker B39 tak hanya digunakan untuk seni dan budaya. Masa lalunya pun akhirnya dijadikan tur yang mengedukasi masyarakat tentang proses pembakaran sampah.

Sebelum ada pandemi, Bucheon Art Bunker B39 kerap menggelar berbagai acara seni sampai diskusi. Mengutip The Smart Local, ada tur gratis selama 25 menit yang akan membawa pengunjung berkeliling area umum di lantai satu dan dua. Tur diadakan pada pukul 10.30, 13.00, dan 15.00 setiap harinya.

Tangki pembakaran sampai mesin kontrol yang berwujud retro masih bisa dilihat di sini. Setelah puas berkeliling untuk berfoto, pengunjung bisa mendatangi B39 Cafe, yang berada dalam ruangan mesin di lantai satu. Sedangkan acara seni biasanya digelar di Air Gallery, juga berada di lantai satu, yang awalnya merupakan tempat pembakaran sampah.



Simak Video "Louis Vuitton Gaet BTS Jadi House Ambassadors"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA