Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Jul 2021 12:53 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Ingin Hotel untuk Isolasi Mandiri Diperbanyak

Putu Intan
detikTravel
Ini Kiat-kiat Sukses Bisnis Kuliner dari Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: detikcom

Kemenparekraf kata Sandiaga Uno terus mempercepat penyiapan dana hibah pariwisata. Dari data yang diterima dari Pemda sudah diproses dan sekarang tengah diajukan ke Kementerian Keuangan untuk di eksekusi bulan ini.

Untuk meminimalisir dampak pandemi Covid-19, Sandiaga Uno menyarankan para pelaku usaha pariwisata di bidang perhotelan atau penginapan untuk dapat mendukung pemerintah dalam hal memperluas kapasitas fasilitas kesehatan menghadapi pandemi Covid-19.

"Ada program stimulus yang kita siapkan, konversi dari beberapa hotel seperti di Jakarta untuk memberikan bantuan pada nakes bergejala sedang atau rendah sehingga ikut menopang cash flow. Karena di jaman pandemi Covid-19 yang terpenting untuk pengusaha adalah uang tunai atau cash flow seperti tabung oksigen. Oleh karena itu pengusaha hotel mengkonversi hadirnya tambahan fasilitas kesehatan untuk masyarakat terpapar Covid-19," ungkap Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menyebutkan untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang tengah meningkat beberapa waktu terakhir tidak bisa hanya menggantungkan pada sektor kesehatan dan penanganan oleh Satgas Covid-19 secara langsung.

"Sektor Parekraf sebagai sektor yang menjadi gantungan hidup 34 juta orang masyarakat Indonesia harus mengambil peran untuk berpartisipasi aktif dalam program vaksinasi," tutur Sandiaga Uno.

Vaksinasi ini kata dia kuncinya adalah mobilisasi secara masif. Vaksin Covid-19 saat ini sudah tersedia pasokannya, vaksinator nya tersedia. Oleh sebab itu Sandiaga Uno yakin dan optimis semua pihak bisa meningkatkan vaksinasi yang saat ini sebesar 1-1,5 juta orang di vaksinasi per hari dan ditingkatkan menjadi 3 juta orang per hari pada Oktober 2021.

"Target kami sektor Parekraf yang masih di bawah 5%, nanti di akhir tahun bisa menjadi 80-95%, ini merupakan prasyarat kebangkitan sektor Parekraf. Untuk itu kami gerakkan seluruh sentra ekonomi dan destinasi wisata kami dorong menjadi sentra vaksinasi termasuk Poltekpar, STP di Bandung dan 5 lokasi lainnya, kita mendorong semua insan Parekraf untuk berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi," jelas Sandiaga Uno.

Kemenparekraf memastikan pasokan vaksin Covid-19 tersedia dan pihaknya meminta proses distribusi harus dipercepat. Mobilisasi secara totalitas amat penting, pasalnya langkah yang dilakukan per sektor amat membantu, berkolaborasi dengan daerah-daerah termasuk destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif.

"Misalnya di kecamatan Cidadap, pak Camat bisa menggunakan STP NHI sebagai sentra vaksinasi karena kita punya fasilitas cukup luas. Jadi bisa dikonversi sebagian fasilitas untuk menampung kesehatan secara darurat," kata Sandiaga Uno.

"Masalah distribusi ini bisa diselesaikan dan juga bisa mengatasi target peningkatan vaksinasi ini. Kalau semua sektor ikut berpartisipasi saya yakin angka 3 juta vaksinasi yang ditargetkan dapat tercapai sebelum Oktober 2021," tandas Sandiaga Uno.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA