Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Jul 2021 13:23 WIB

TRAVEL NEWS

Palm Jumeirah, Kepulauan Ajaib Buatan Manusia Kini Berusia 20 Tahun

Beragam pemandangan menarik ini dipotret dari udara. Penasaran apa saja? Yuk, lihat.
Palm Jumeirah (Foto: Skydive Dubai/Getty Images)
Dubai -

Kepulauan buatan di Dubai, UEA, Palm Jumeirah genap berusia 20 tahun. Bisa dibilang bahwa karya manusia ini begitu ajaib nan mengagumkan.

Kepulauan itu membentuk pohon palem, rumah bagi hotel-hotel mewah, pantai-pantai berderet, dan dihuni oleh 80.000 orang. Begini cerita singkat dari Palm Jumeirah, mengutip CNN, Senin (12/7/2021).

Tidak ada baja atau beton yang digunakan untuk menciptakan dasar atau tatakan pulau. Sebaliknya, tim hanya menggunakan pasir dan batu.

Meskipun Dubai dikelilingi oleh gurun pasir, mereka tidak bisa bergantung pada sumber berlimpah emirat. Sekitar 120 juta meter kubik pasir harus dikeruk dan dibawa dari bawah Gulf Persia, 10 mil laut dari kepulauan Palm Jumeirah.

Lebih dari 7 juta ton bebatuan ditambang dari Pegunungan Hajar, bagian utara UEA. Batuan-batu ini membentuk pemecah ombak berbentuk bulan sabit, sepanjang 11 kilometer yang melindungi pulau dari ombak besar dan angin kencang.

Nakheel, pengembang Palm Jumeirah, mengatakan semua batu dan pasir yang digunakan untuk membangun pulau itu dapat membentuk dinding setinggi dua meter yang akan mengelilingi dunia sebanyak tiga kali.

A general view of the Jumeirah Palm Island and the Atlantis hotel are seen from the observation deck of Palm Jumeirah (AP Photo/Kamran Jebreili)

Pulau seluas 560 hektar itu sangatlah besar. Dan tim Palm Jumeirah menggunakan teknologi garis satelit untuk membantu membangun pulau berbentuk daun juga para penyelam untuk memeriksa tingkat ombak di tiap tingkat berbeda.

Dahulu, satu-satunya cara bagi pengunjung untuk melihat seluruh struktur kolosal Palm Jumeirah harus mengikuti tur helikopter atau melompat dari pesawat.

Sekarang, pengunjung dapat melihat Palm Jumeirah dari dek observasi 360 derajat Nakheel, yang dibuka pada bulan April. Kolam renang dijadwalkan untuk dibuka akhir tahun ini sebagai bagian dari daya tarik baru Dubai, The Palm Tower setinggi 210 meter.

A general view of the Jumeirah Palm Island and the Atlantis hotel are seen from the observation deck of Palm Jumeirah di kala malam hari (AP Photo/Kamran Jebreili)


Simak Video "Melihat Kemeriahan Atraksi Udara di Dubai Air Show"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA