Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Jul 2021 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Viral! Muncul Ribuan Teripang di Pantai Sambas

bonauli
detikTravel
Pantai Venesia Sambas, Kalimantan Barat
Pantai Venesia Sambas (Delianis/Istimewa)
Sambas -

Pantai ini mempunyai penampakan yang bikin heboh. Sepanjang garis pantainya bukan cuma pasir, tapi teripang.

Kalimantan Barat sedang mengalami cuaca ekstrem. Dilihat dari akun @beritaseputarsambas cuaca ekstrem ini mempengaruhi wilayah pantai, khususnya Pantai Venesia Sambas.

Pantai ini terletak di Dusun Pinang Merah, Desa Simpang Empat, Kecamatan Tangaran, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Pemandangan pantai ini berubah sejak Rabu (14/7).

Dari video Youtube yang beredar terlihat bahwa bibir Pantai Venesia Sambas dipenuhi oleh teripang. Teripang atau timun laut merupakan hewan invertebrata (tanpa tulang belakang) yang berada di zona pasang surut sampai laut dalam.

Bagaimana teripang itu bisa tertinggal di darat?

[Gambas:Instagram]

"Kalau kita lihat dalam tiga hari ini angin dari Australia melewati pulau Jawa dan berada di atas Pulau Kalimantan, khususnya di Kalbar. Ini berpotensi hujan dan angin kuat," ucap Prof Delianis Pringgenies, guru besar bidang Hewan Lunak Universitas Diponegoro.

Delianis menambahkan bahwa malam sebelum teripang muncul terjadi banjir rob bersama dengan hujan deras di hulu. Sehingga, debit air laut naik dan ditambah angin, menjadikannya pasang kuat.

"Bila video diamati tampak ada bekas tanda airnya. Sehingga teripang diduga terbawa pasang. Lalu ketika surut, teripangnya tertinggal. Itu yang terdampar genus Acaudina sp," ujarnya.

Banyak yang menyebut bahwa total teripang yang terdampar di Pantai Venesia Anambas ada jutaan. Makanya, bisa membuat pantai ini seketika berubah menjadi 'lautan' teripang.

"Saat divideokan teripang ini masih dalam kondisi hidup. Teripang akan mati tanpa air. Enggak sampai satu hari sudah mati," kata dia.



Simak Video "Menikmati Pesona Keindahan Pantai Sinka Singkawang Kalimantan Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA