Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Jul 2021 19:11 WIB

TRAVEL NEWS

PPKM Darurat Diperpanjang, Pelaku Wisata Pantai Bantul Minta Keringanan Cicilan

Pantai Depok Bantul, Kamis (22/3/2018).
Pantai Depok (Usman Hadi/detikcom)
Bantul -

PPKM Darurat diperpanjang hingga akhir Juli 2021 direspons oleh pelaku wisata di pantai selatan Kabupaten Bantul. Mereka meminta keringanan cicilan.

Pelaku wisata Bantul kesulitan dengan diperpanjangnya PPKM Darurat. Sebabnya, wisata tutup namun cicilan tetap harus dibayar.

Salah seorang pemilik rumah makan seafood di Pantai Depok, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul Dardi Nugroho mengatakan pemerintah harus memberi kompensasi kepada pelaku usaha yang merugi akibat perpanjangan PPKM Darurat. Mereka menganggap itu sebagai bentuk tanggung jawab negara kepada rakyat.

"Kalau (PPKM Darurat) diperpanjang kan artinya berlangsung satu bulan penuh. Jadi, seharusnya pemerintah bertanggung jawab dan memberi kompensasi bagi pelaku usaha yang terdampak," kata Dardi saat dihubungi wartawan, Sabtu (17/7/2021).

Kompensasi tersebut, kata Dardi Nugroho, tidak harus berupa bantuan uang tunai namun bisa berwujud relaksasi cicilan hutang di bank. Sebab, saat ini semua tempat wisata tutup dan itu membuat pendapatannya terjun bebas.

"Selama PPKM Mikro hingga PPKM Darurat saya sudah dua kali tidak bisa nyicil hutang di perbankan. Kenapa? Karena sama sekali tidak ada pendapatan, kan kalau PPKM kan tempat wisata ikut tutup terus siapa yang beli dagangan kita," kata dia.

Oleh sebab itu, dia berharap pemerintah betul-betul memberikan keringanan bagi pelaku usaha selama perpanjangan PPKM Darurat. Mengingat pelaku usaha di tempat wisata sangat bergantung pada wisatawan yang datang.

Dihubungi terpisah, pemilik rumah makan seafood di Pantai Depok lainnya, Nunik, tidak bisa berbuat apa-apa dengan perpanjangan PPKM Darurat hingga akhir bulan Juli. Meski diakuinya selama PPKM darurat ini dia mengalami penurunan pendapatan.

"Ya kalau (PPKM Darurat) diperpanjang lagi kita pasrah, meski kondisi kita sangat terpuruk. Lha mau bagaimana lagi coba," katanya.

Halaman berikutnya ---> Layani Warga Isoman

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Celebrity on Vacation: Main ke Rumah Hobbit di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA