Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Jul 2021 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

China Bangun Pabrik Wine Terbesar Dunia di Tengah Gurun

bonauli
detikTravel
7 Fakta Wine, Minuman yang Diduga Dibeli Edhy Prabowo Pakai Uang Suap
Ilustrasi wine (Getty Images/webphotographeer)
Jakarta -

Pabrik wine untuk menarik wisatawan sudah jadi rahasia umum. China berencana untuk bikin yang terbesar di dunia di tengah gurun.

Pabrik wine ini akan dibangun di zona percontohan nasional di tepi Gurun Gobi. Dilansir dari China Daily, tujuan pengembangan pabrik wine premium ini bertujuan untuk mengubah kaki Gunung Helan menjadi Bordeaux (Wine Prancis) ala China.

Zona percontohan komprehensif pengembangan terbuka nasional untuk industri anggur ini diresmikan pada 10 Juli di Minning. Kota ini berada di wilayah otonomi Ningxia Hui, China Barat Laut.

Selain sebagai kota pertambangan, kawasan ini juga dianggap zona emas untuk penanaman anggur. So, zona percontohan nasional produksi anggur itu dapat mengoptimalkan pengembangan seluruh rantai industri wine.

Tahap awalnya, akan ada lebih dari 500 km persegi persegi yang menjadi zona percontohan. Nantinya, area ini ditargetkan dapat mengolah 1 juta mu atau sekitar 66.667 hektare kebun anggur dalam lima tahun.

Diperkirakan hasilnya bakal setara dengan 100 miliar yuan atau USD 15,4 miliar. Sehingga, dalam 15 tahun ke depan, zona ini dapat mengolah 1,5 juta kebun anggur dengan total output sebesar 200 miliar yuan atau lebih dari USD 30 miliar.

"Jika tujuan ini dapat dicapai, zona percontohan akan menjadi salah satu daerah penghasil anggur berkualitas terbesar di dunia," kata Sui Pengfei, direktur jenderal Departemen Kerjasama Internasional Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan China, dalam upacara peluncuran.

Sui juga mengatakan bahwa zona percontohan ini dapat mendorong departemen pemerintah dan entitas pasar untuk berani mencoba semua langkah dan model yang dapat membantu pengembangan industri tersebut.

Arsitektur dan letak perkebunan yang indah di zona percontohan ini juga diharapkan mampu menjadi tempat wisata popular nasional. Suguhan utamanya, wisata wine.

"Tahun lalu kilang anggur kami menerima rata-rata lebih dari 12 pengunjung setiap hari. Jumlah itu termasuk pelancong, pecinta wine, dan distributor," ujar Zhang Xueyan, pemilik pabruk anggur Ningxia Huangkou.

Industri anggur dan wine telah menjadi pilar penting pembangunan ekonomi berkelanjutan Ningxia, dengan menyediakan lapangan kerja untuk 120 ribu buruh. Kebun anggur yang dibudidayakan di gurun tersebut juga memiliki fungsi ekologis untuk konservasi air dan tanah secara berkelanjutan.



Simak Video "Rekaman CCTV Saat China Diguncang Gempa M 6"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA