Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Jul 2021 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Spesies Tumbuhan Baru yang Cuma Ada di Kepulauan Karimata

Putu Intan
detikTravel
Hanguana karimatae
Foto: dok. KLHK
Jakarta -

Indonesia memang kaya akan keanekaragaman hayati. Baru-baru ini ditemukan spesies tumbuhan baru di hutan Karimata.

Dilihat detikcom dari Instagram @kementerianlkh, Selasa (20/7/2021) tim jelajah Cagar Alam Laut (CAL) Kepulauan Karimata yang dibentuk oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat berhasil menemukan spesies baru dari tumbuhan berbunga.

Tumbuhan itu teridentifikasi sebagai jenis baru dan merupakan bagian dari keluarga Hanguanaceae. Jenis ini ditemukan di Pulau Karimata Besar dan hanya terdapat di Kepulauan Karimata.

Hanguana karimatae merupakan Hanguana pertama yang dideskripsikan sebagai spesies baru dari Kalimantan. Temuan spesies ini diterbitkan di jurnal ilmiah internasional Blumea pada tanggal 2 Juli 2021 oleh Agusti Randi yang merupakan seorang ahli Botani (alumnus Universitas Tanjungpura Pontianak), asli Kalimantan Barat.

Hanguana karimataeHanguana karimatae. Foto: dok. KLHK

Hanguana karimatae memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh spesies Hanguana lainnya. Jenis ini memiliki perawakan besar dengan tinggi mencapai 1,6 meter dengan tangkai perbungaan yang tegak dan kokoh setinggi 1 meter. Buah berbentuk bulat yang tidak simetris dan berwarna kuning pucat dengan ujung yang sangat menonjol. Bijinya seperti mangkok dengan tonjolan kecil di pinggirannya. Jenis ini tumbuh pada pinggiran sungai berbatu berair jernih.

Kegiatan "Ekspedisi/Jelajah Karimata" ini dilakukan pada tanggal 15-22 Maret 2019 dengan melibatkan 33 orang yang menyertakan ahli dari berbagai disiplin ilmu.

Dalam kegiatan ekspedisi yang dipimpin Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat ini melibatkan Komunitas Selam WeBe, Balai Kajian Sejarah Kebudayaan Kalimantan Barat, Botanist, Traveler Writer, media lokal serta masyarakat setempat.

"Tercatat lebih dari 400 jenis tumbuhan mulai dari tumbuhan herba sampai pohon. Namun, salah satu hal yang paling membanggakan dalam ekspedisi kali ini adalah ditemukan dan teridentifikasi satu spesies/jenis baru dari tumbuhan berbunga," kata Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta di Pontianak (13/7/2021).



Simak Video "Sensasi Mencicipi Soto Kembang Durian di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA