Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Jul 2021 11:02 WIB

TRAVEL NEWS

Indonesia Jangan Sampai Kehilangan Predikat Pemilik Hutan Mangrove Terluas di Dunia!

Femi Diah
detikTravel
Mangrove Kulon Progo cocok buat kamu yang ingin santai menikmati alam sambil berfoto
Hutan mangrove Foto: detikcom

Secara sosial, pelibatan masyarakat sekitar pada kegiatan rehabilitasi mangrove menjadi penting. Pegiat CSR harus menempatkan masyarakat setempat sebagai subyek sekaligus mitra untuk mencapai tujuan bersama. Dari awal, semua pihak harus memilik mindset bahwa tanggung jawab dan keberhasilan harus ditanggung dan dirasakan bersama.

Terkait aspek ekonomi, program rehabilitasi mangrove dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui kegiatan budi daya perikanan, ekowisata, dan pengelolaan buah mangrove menjadi kuliner khas daerah setempat.

Area rehabilitasi mengrove yang berhasil dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata oleh Yayasan KEHATI antara lain, Desa Pandansari Brebes di Jawa tengah, Desa Binanga Kabupaten Majene Sulawesi Selatan, dan beberapa daerah lain yang sedang dalam proses pengembangan.

"Secara garis besar, ketepatan dalam mengonsepkan program rehabilitasi mangrove merupakan kunci sukses keberhasilan rehabilitasi mangrove. Hal ini dimulai dari penyusunan perencanaan, implementasi dan monitoring serta evaluasi program rehabilitasi dengan memperhatikan aspek ekologi, sosial dan ekonomi," kata Yasser.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Momen Jokowi Bicara Mitigasi Bencana saat Tinjau Hutan Mangrove di Bali"
[Gambas:Video 20detik]

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA