Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Agu 2021 18:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kebun Binatang Surabaya Fokus Perawatan Satwa Pas PPKM

Esti Widiyana
detikTravel
Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Kebun Binatang Surabaya (Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Sejak diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Kebun Binatang Surabaya (KBS) tutup sejak 3 Juli. Selama tutup, KBS berfokus pada perawatan satwa hingga mengalihkan kunjungan ke virtual.

"KBS mendukung program PPKM mulai 3 Juli sampai saat ini tutup sementara. Untuk perawatan satwa tetap tidak ada perubahan, sesuai dengan SOP yang ada. Baik pemeliharaan, pemberian makanan, mengecek kesehatan, sesuai dengan SOP, tidak ada perubahan," kata Humas KBS Agus Supangkat kepada detikcom, Senin (2/8/2021).

KBS merupakan habitat satwa yang dilindungi dan terbesar di Indonesia Timur. Jika dihitung jumlah total keseluruhan ada total 212 spesies dan lebih dari dua ribu satwa yang ada di KBS.

Oleh karena itu, satwa-satwa di KBS perlu mendapatkan pakan dengan standar nutrisi yang terjaga, akses perawatan medis, dan kesejahteraan dengan berlandaskan kaidah konservasi.

Agus mengatakan KBS tetap menjaga kesehatan satwa hingga penataan pemberdayaan lingkungan. Selain itu, karena KBS tutup sementara, maka kunjungan dialihkan ke virtual.

"Untuk kunjungan kami tawarkan family virtual, kunjungan lewat zoom. Selain itu, kami juga lakukan virtual edukasi. Dalam tour virtual pengunjung bisa menikmati selama 90 menit. Pengunjung bisa booking di website KBS terlebih dahulu maksimal untuk 30 orang," dia menjelaskan.

Sebanyak 74 ekor anak komodo menetas di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Puluhan anak komodo tersebut lahir dari dari 7 induk pada Januari dan Februari 2019.Kebun Binatang Surabaya (KBS). Foto: Amir Baihaqi

"Tayangan tour virtual tersebut dilakukan live oleh petugas Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang merekam langsung di setiap kandang satwa," dia menambahkan.

Untuk virtual family, dimulai sejak 11 Juli dan diadakan tiap Minggu. Selama virtual family tema yang diambil pun juga berbeda-beda. Seperti pada minggu pertama tentang harimau Sumatera dan minggu kedua tentang gajah Sumatera.

"Kita sesuaikan dengan kapasitas. Materinya kita sesuaikan dengan tema, misalkan pas gajah Sumatera kita ajak lebih dalam tentang gajah, tentang perawatan. Pengunjung juga kita ajak membuat karya, misalnya painting wajah. Kan satu akun bisa diikuti satu keluarga, anak, kakak, ibu dan ayah untuk melukis wajah sesuai dari arahan kami," ujar Agus.

Untuk tour KBS family virtual akan dimulai setiap hari Minggu pukul 10.00 WIB dengan waktu 90 menit dan tema yang berbeda-beda. Kemudian ada harga promo yang ditawarkan dalam satu family, yaitu Rp 50.000 dibandingkan harga normal Rp 75.000.

Halaman berikutnya >>> Kapan KBS buka lagi?

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA