Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Agu 2021 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Selamat! Bayi Panda Kembar Lahir di Prancis

Putu Intan
detikTravel
Panda pertama di Korea Selatan
Ilustrasi bayi panda. Foto: (Everland)
Jakarta -

Kabar gembira datang dari Prancis yang tengah menyambut kelahiran panda kembar. Momen ini terbilang langka karena panda dikenal sulit bereproduksi.

Bayi panda kembar itu lahir dari rahim Huan Huan, panda betina yang dipinjamkan China pada Kebun Binatang Zoo-Parc de Beauval di Saint-Aignan, Rodolphe Delord. Bayi-bayi ini lahir sekitar pukul 01.00 waktu setempat.

"Kedua bayi itu masih merah muda. Mereka sangat sehat. Mereka cukup besar. Mereka luar biasa," ujar Delord, sebagaimana dikutip AFP.

Momen lahirnya kedua bayi ini tak cuma dirayakan Prancis tetapi juga kedua induknya yakni Huan Huan dan Yuan Zi. Sebelumnya, mereka juga sudah memiliki anak bernama Yuan Meng yang lahir pada 2017.

Dalam dunia panda, melahirkan anak bukanlah perkara mudah. Ini karena mamalia berbadan bongsor itu dikenal akan melakukan apapun sesuai mood mereka, termasuk bereproduksi.

Selain mempertimbangkan mood, masa reproduksi panda betina juga sangat sebentar. Biasanya masa subur datang setahun sekali selama 24-48 jam.

Menurut kesaksian petugas kebun binatang, Huan Huan dan Yuan Zi berhubungan badan delapan kali dalam satu pekan pada Maret lalu. Mereka juga dibantu dengan inseminasi lanjutan untuk memastikan Huan Huan bisa hamil.

Usaha memang tak menghianati hasil. Huan Huan mampu melahirkan bayi kembar yang hingga berita ini diturunkan belum diberi nama. Kabarnya, istri Presiden China Xi Jinping, Peng Liyuan yang akan memberikan nama langsung pada kedua bayi lucu itu.

Sebelumnya, kelahiran bayi panda kembar juga terjadi di Jepang. Lalu pada Juni 2020, seekor panda Malaysia juga berhasil melahirkan bayi panda kembar tiga.

China memang dikenal sebagai negara yang sangat menghormati panda. Mereka berusaha agar satwa ini tak punah dengan cara meminjamkannya ke berbagai kebun binatang dunia.

Menurut data dari World Wide Fund (WWF), jumlah panda di dunia diperkirakan 1.800 ekor. Dari jumlah itu, sekitar 600 ekor tersebar di beberapa kebun binatang yang juga menjadi alat diplomasi China dengan negara sahabat.



Simak Video "Sosok Hacker China 'Mustang Panda' yang Diduga Serang RI Pakai Thanos"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA