Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Agu 2021 14:02 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Cuma di Indonesia, Destinasi Luar Negeri Juga Pakai Level 3-4

CNN Indonesia
detikTravel
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Foto: iStock
Jakarta -

Istilah level untuk risiko COVID-19 di suatu kawasan juga berlaku di destinasi luar negeri. Tak sedikit yang juga diberi level 3 sampai 4.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menambahkan 16 destinasi ke daftar tingkat risiko COVID-19 "sangat tinggi" pada hari Senin (2/8), termasuk Yunani, Irlandia dan Virgin Islands AS.

Menurut CDC, penetapan risiko Level 4: COVID-19 sangat tinggi berarti orang harus menghindari perjalanan ke lokasi-lokasi ini. Mereka yang harus bepergian juga wajib divaksinasi lengkap terlebih dahulu.

Dalam panduan menyeluruhnya, CDC merekomendasikan untuk tidak melakukan semua perjalanan internasional sampai pelancong sepenuhnya divaksinasi.

"Wisatawan yang divaksinasi penuh lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi dan menyebarkan COVID-19. Namun, perjalanan internasional menimbulkan risiko tambahan, dan bahkan pelancong yang divaksinasi lengkap mungkin berisiko lebih tinggi untuk terinfeksi dan mungkin menyebarkan beberapa varian COVID-19," kata CDC seperti dikutip dari CNN Travel pada Selasa (3/8/2021).

Destinasi yang masuk dalam kategori risiko sangat tinggi memiliki lebih dari 500 kasus per 100 ribu penduduknya dalam 28 hari terakhir, menurut parameter CDC.

Perjalanan langsung non-warga negara dari Irlandia dan Yunani ke AS telah ditangguhkan sejak 25 Januari 2021, di bawah perintah eksekutif yang membatasi perjalanan dari beberapa negara.

Gedung Putih baru-baru ini mengatakan pembatasan itu akan tetap berlaku di tengah melonjaknya kasus dari varian Delta.

16 destinasi yang masuk dalam daftar kategori Level 4: COVID-19 Sangat Tinggi CDC per 2 Agustus 2021 ialah:

Andora
Curacao
Gibraltar
Yunani
Guadeloupe
Iran
Irlandia
Isle of Man
Kazakstan
Lesotho
Libya
Malta
Martinique
Saint Barthelemy
Saint Martin
Virgin Islands AS

Berikut adalah beberapa destinasi wisata populer lainnya di kategori Level 4 per 3 Agustus 2021:

Brasil
Kolombia
Kosta Rika
Maldives (Maladewa)
Belanda
Panama
Portugal
Seychelles
Spanyol
Inggris Raya

Karena daftar ini akan selalu diperbaharui, maka calon pelancong bisa melihat daftar lengkap destinasi luar negeri yang rawan virus Corona lainnya melalui situs resmi CDC.

Di tengah pandemi virus Corona, perjalanan wisata masih dikategorikan sebagai perjalanan bukan darurat. Sehingga sebaiknya tidak dilakukan demi mencegah penyebaran dan penularan COVID-19, terutama di daerah yang masih minim fasilitas kesehatannya.

Jika hendak melakukan perjalanan antarkota atau antar negara, jangan lupa menaati protokol kesehatan pencegahan virus COVID-19 dengan mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik antar pengunjung. Jangan datang saat sakit dan pulang dalam keadaan sakit.



Simak Video "Pakar IDI Tak Setuju Aturan CDC soal Lepas Masker Jika Sudah Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA