Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Agu 2021 20:21 WIB

TRAVEL NEWS

Gawat, Gletser Greenland Meleleh Parah, Bisa Genangi Florida Setinggi 5 Cm

Gletser Greenland
Gletser di Greenland (Foto: CNN)
Greenland -

Gletser di Greenland meleleh begitu parah di tahun ini. Bahkan, kejadian itu bisa menggenangi negara bagian Florida setinggi 5 cm.

Diberitakan CNN, peristiwa ini terjadi karena lonjakan suhu di kawasan Arktik. Ini adalah contoh ketiga peristiwa leleh ekstrem dalam dekade terakhir.

Greenland kehilangan lebih dari 8,5 miliar ton massa es permukaan pada hari Selasa dan 18,4 triliun ton sejak Minggu, akhir bulan lalu, menurut Institut Meteorologi Denmark.

"Ini lelehan yang signifikan," kata Ted Scambos, seorang ilmuwan penelitian senior di Pusat Data Salju dan Es Nasional di Universitas Colorado.

"27 Juli, sebagian besar es di timur Greenland dari ujung utara sampai ke ujung selatan sebagian besar meleleh. Ini kejadian yang tidak biasa," imbuh dia.

Perubahan iklim yang disebabkan manusia, cairnya es telah meningkat begitu pesat. Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Cryosphere, Bumi telah kehilangan 28 triliun ton es sejak pertengahan 1990-an, sebagian besar di Arktik, termasuk lembaran es Greenland.

"Secara keseluruhan, kami sedang melihat bahwa es di Greenland lebih sering meleleh. Dalam dekade atau abad sebelumnya, sangat jarang untuk mendapatkan suhu pembekuan di atas puncak Greenland," kata Scambos.

Pada 2019, Greenland menumpahkan es 532 triliun es ke laut. Selama tahun itu, pada musim semi-panas yang tak terduga dan gelombang panas di bulan Juli menyebabkan hampir seluruh permukaan lapisan es mulai meleleh.

Tingkat laut global pun naik secara permanen sebesar 1,5 milimeter sebagai imbasnya. Ketika gletser Greenland terus mencair, Slater mengatakan kota-kota pesisir di seluruh dunia juga rentan terhadap rob.

Melelehnya es dari Greenland juga diperkirakan dapat meningkatkan permukaan laut global antara 2 dan 10 centimeter pada akhir abad ini, tambahnya.



Simak Video "Hujan Deras Guyur Puncak Greenland, Apa Dampaknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA