Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Agu 2021 12:17 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa di Dalam Lift Ada Cermin?

Syanti Mustika
detikTravel
Male forefinger (index finger) pressing on the first floor button or floor number one in elevator (lift). Mechanical engineering concept
Ilustrasi lift (Foto: Getty Images/iStockphoto/Zephyr18)
Jakarta -

Pasti kamu sering menemukan lift yang di dalamnya ada cermin, kan? Ternyata ada alasan pemasangan cermin di dalam lift lho. Ini jawaban dari Asosiasi Lift Jepang.

Diberitakan SoraNews, Rabu (4/8/2021), seringkali kita melihat adanya cermin yang dipasang pada lift. Tentu timbul pertanyaan, untuk apa adanya cermin tersebut?

Tentu tak hanya ditemukan di Jepang saja, lift dengan cermin juga ada di Indonesia. Untuk apa ya? Mencegah kejahatan? Membantu orang berkaca sebelum bertemu orang penting?

"Cermin dipasang di lift untuk kepentingan penumpang yang menggunakan kursi roda, yang mungkin tidak dapat memutar kursi setelah naik dan harus keluar dari lift sambil menghadap ke belakang," kata Asosiasi Elevator Jepang.

Ya, ternyata alasan cermin sebenarnya adalah untuk membantu pengguna kursi roda. Bahkan jika ada cukup ruang untuk mendorong kursi, mungkin tidak ada cukup ruang kosong di sekitarnya untuk berputar 180 saat penumpang ingin turun.

Dengan adanya cermin, memungkinkan pengguna kursi roda untuk bergerak lurus ke belakang melalui pintu, lalu berbalik begitu mereka berada di area yang lebih luas.

Biasanya, lift di Jepang yang ada cerminnya juga terdapat tombol yang berguna untuk orang cacat. Hukum Jepang sekarang mewajibkan gedung pemerintah untuk memiliki cermin di semua lift, dan beberapa kota madya setempat memiliki peraturan serupa untuk jenis bangunan tertentu.

Jadi bila kamu menaiki lift yang ada cerminnya, pastikan tidak menghalangi pandangan orang lain yang memang butuh cermin.



Simak Video "Ilmuwan Jepang Kembangkan 'Kulit Manusia' pada Jari Robot"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA