Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Agu 2021 21:46 WIB

TRAVEL NEWS

ARMY, Inilah Desa Kuno Lokasi Syuting Run BTS Eps 145

bonauli
detikTravel
BTS
BTS (dok. Big Hit Music)
Yongin -

Run BTS kembali hadir menghibur ARMY. Minggu ini episodenya bertema tradisional ala era Dinasti Joseon.

Menggunakan mesin waktu, BTS kembali ke zaman Joseon untuk menyelesaikan sebuah misi. Untuk mendukung suasana tradisional, BTS syuting di sebuah desa wisata yang memang terkenal indah. Tak tanggung-tanggung, mereka juga menggunakan pakaian tradisional Korea.

Inilah Korean Folk Village (KFV), sebuah desa wisata yang beralamat di 90 Minsokchon-ro, Sanggal-dong, Distrik Giheung, Kota Yongin, Provinsi Gyeonggi. Dilansir dari berbagai sumber, merupakan rekonstruksi dan relokasi dari desa-desa Dinasti Joseon yang tersebar di beberapa wilayah Korea Selatan.

Menurut catatan sejarah Korean Folk Village ini mulai dibangun pada tahun 1973 dan dibuka untuk umum pada 3 Oktober 1974 di atas lahan seluas 990.000 m persegi.

korean folk villagekorean folk village Foto: (Getty Images/iStockphoto/akhpark)

Di dalam terdapat rumah-rumah penduduk dan bangsawan, kantor pemerintah (gwana), lembaga pendidikan (seowon dan seodang), lembaga medis (hanyakbang), kuil Buddha dan seonangdang (bangunan keagamaan), serta tempat para peramal atau cenayang. Totalnya ada 260 bangunan tradisional dan semua dibuat semirip mungkin dengan keadaan Dinasti Joseon.

Tak hanya bangunannya, desa ini juga dilengkapi dengan area persawahan. Sehingga pengunjung benar-benar dibuat hidup seperti masa lalu. Pengunjung juga bisa merasakan pengalaman menjadi petani, lho!

Kegiatan menyemai padi diadakan pada bulai Mei-Juni. Kemudian pada bulan Juni akan diadakan panen jelai (barley), dan gandum. Sementara pada bulan September-Oktober, akan ada panen musim gugur berupa padi, kacang-kacangan, millet, jagung, oat dan buckwheat.

korean folk villagekorean folk village Foto: (Getty Images/iStockphoto/akhpark)

Pada bulan November hingga Desember, traveler akan melihat kegiatan mengikat jerami untuk atap rumah. Jerami lama yang sudah ada di atap rumah akan diganti dengan yang baru. Ini mengapa rumah-rumah di sini terlihat sangat terawat.

Selain sebagai tempat wisata, KFV juga menjadi tempat pertunjukan tradisional. Sebut saja tarian dan musik Pugmul, Eolssigu Jeolsiggu atau parade rakyat dengan tarian tradisional dan drama humor dalam cerita rakyat tradisional Chunhyang sampai prosesi pernikahan tradisional.

Sebelum pandemi, kegiatan ini rutin dilakukan dan menjadi magnet bagi wisatawan internasional. Namun ini, semuanya tutup.

Seperti Run BTS, Korean Folk Village juga menjadi Open Set Studio alias lokasi syuting bagi puluhan drama dan film khususnya yang bertema saeguk (kerajaan), mulai dari Jewel in The Palace (2003-04), The Great Queen Seondeok (2009), Sunkyunwan Scandal (2010), Moon Embracing The Sun (2013), 100 Days My Prince (2018), hingga The Crowned Clown (2019).



Simak Video "BTS Ditunjuk Jadi Utusan Khusus Presiden Korsel, Apa Tugasnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA