Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Agu 2021 22:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 4 Daerah Pariwisata Halal Andalan Kemenparekraf

Ini Kiat-kiat Sukses Bisnis Kuliner dari Sandiaga Uno
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (detikcom)
Jakarta -

Kemenparekraf tengah menggaungkan Bangga Berwisata di Indonesia. Dalam hal ini pariwisata halal dikembangkan.

Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Tentunya wisata halal bisa menarik banyak peminat.

"Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan halal tourism. Alasannya karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia dan juga destinasi wisata yang beraneka ragam," kata Menparekraf Sandiaga Uno, Senin (9/8/2021).

Kemenparekraf memiliki 5 daerah yang diandalkan untuk wisata halal, yaitu Aceh, Sumatera Barat, NTB, Kepulauan Riau dan DKI Jakarta. Sementara, di samping itu ada empat yang dijadikan unggulan.

"Empat dari lima daerah yang saya sebutkan ini menjadi unggulan kami dalam pengembangan wisata halal karena Aceh, Sumbar, NTB dan DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan dalam ajang World Halal Tourism Award 2016," tambah Sandiaga.

Kepulauan Riau pun punya potensi untuk menjadi destinasi pariwisata halal. Masjid Raya Sultan di Pulau Penyengat menjadi salah satu wisata religi Kepulauan Riau.

"Sementara, Kepri memiliki fasilitas penunjang yang sangat mendukung menjadi destinasi wisata halal dan juga Kepri dilengkapi dengan berbagai destinasi berbasis moslem friendly tourism. Salah satu yang sering dijadikan tujuan wisata umat muslim adalah Masjid Sultan Kepulauan Riau di Pulau Penyengat.

Sebelumnya, Sandiaga menyebut total potensi pariwisata halal yang dimiliki Indonesia sangat luar biasa. Ada lebih dari USD 1,6 triliun dan sudah membuka peluang bagi industri global pariwisata atas kebutuhan yang berkualitas dari wisatawan muslim.

Sandi pun mengajak seluruh pihak untuk mendorong konsep 'Berwisata di Indonesia Aja' Salah satunya dengan mengunjungi situs-situs religi di Indonesia.

"Seperti yang disampaikan dalam firman Allah SWT, Allah SWT memberikan satu clue kepada kita untuk tadabbur alam, melihat binatang-binatang, alam yang ada di sekitar kita, gunung yang tersusun rapi, alam yang terhampar begitu indah, langit-langit yang cemerlang dan gemilang," ungkap Sandiaga.

"Oleh karena itu mari kita beradaptasi dan berkolaborasi, bukan hanya kita mendorong hotel halal atau transportasi halal, kita juga mendorong paket wisata halal dan keuangan halal," sambungnya.



Simak Video "Menparekraf Sandiaga Cicipi Aneka Kuliner Khas Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA