Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Agu 2021 12:14 WIB

TRAVEL NEWS

Panas Ekstrem! Suhu di Sisilia Capai 48,8 Derajat Celcius

Femi Diah
detikTravel
Sisilia -

Sungguh gila, Pulau Sisilia mencetak rekor panas sepanjang masa untuk Eropa. Suhu udara mencapai 48,8 derajat Celcius.

Dikutip dari CNN, Jumat (13/8/2021) Sirakusa, kota yang berada di bagian timur Pulau Sisilia, mencapai rekor terik pada Rabu (11/8/2021) sore saat antisiklon. Oleh media Italia fenomena cuaca itu disebut sebagai lucifer dan terus bergerak ke utara.

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mencatat suhu terpanas yang pernah terjadi di Eropa adalah 48,0°C di Athena, Yunani pada tahun 1977.

Dengan suhu itu, panas di Sisilia berpotensi menjadi rekor baru. Catatan itu baru dikonfirmasi oleh badan meteorologi Sisilia, belum oleh WMO.

"Saat ini tidak ada alasan untuk membatalkannya, tetapi jika memungkinkan kami akan melakukan evaluasi ex-post tentang keakuratan pengukuran," kata Layanan Informasi Agrometeorologi Sisilia, operator stasiun cuaca resmi Sisilia.

Fenomena alam itu disebut-sebut dipengaruhi oleh antisiklon. Yakni, sirkulasi angin berskala besar di sekitar wilayah dengan tekanan atmosferik tinggi, yang bergerak searah jarum jam di belahan bumi utara dan melawan arah jarum jam.

Ilmuwan mengatakan bahwa krisis iklim yang membuat gelombang panas dan kebakaran lebih sering dan intens, dan menjadi lebih merusak.

Sebuah laporan resmi oleh Panel Internasional PBB tentang Perubahan Iklim menyebut bahwa kondisi cuaca yang mendorong kebakaran hutan menjadi lebih mungkin terjadi di Eropa selatan belakangan ini. Secara global, gelombang panas dan kekeringan yang memperburuk kebakaran juga meningkat.

Suhu di sekitar Mediterania 5 sampai 10 derajat Celcius lebih tinggi dari rata-rata pekan ini dan lusinan orang tewas dalam kebakaran hutan yang melanda Eropa selatan dan Afrika Utara, kebanyakan dari mereka di Aljazair. Dalam peristiwa itu dilaporkan sebanyak 65 orang tewas.

Kematian juga terjadi di Turki. Beberapa bagian Italia dan Yunani juga dilanda kebakaran hebat, dengan beberapa desa sebagian besar hancur.

Sisilia merupakan pulau terbesar di Mediterania dan kadang-kadang disebut sebagai "jari kaki" Italia, negara yang berbentuk seperti sepatu bot.

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA