Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Agu 2021 14:30 WIB

TRAVEL NEWS

Tidak Ada Turis dan Bersihnya Perairan Dermaga Pulau

Syanti Mustika
detikTravel
Dermaga Pulau Pramuka Berair Jernih
Foto: (Syanti/detikcom)
Jakarta -

Pulau Pramuka, salah satu tujuan berlibur terdekat warga DKI sepi tanpa wisatawan. Dermaga kapal begitu sepi, namun perairan sekitarnya menjadi bersih dan jernih.

Saat kondisi normal, setiap weekend Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu selalu ramai oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan perairan pulau. Baik itu turis yang datang bersama open trip ataupun yang datang dengan keluarga.

Boleh dikatakan, Pulau Pramuka salah satu pulau yang difavoritkan wisatawan DKI yang ada di Kepulauan Seribu.

Namun sejak diberlakukan PPKM Level 4, semua akses wisatawan ditutup di semua Jakarta termasuk Kepulauan Seribu. Kapal penyeberangan pun hanya melayani keperluan yang diperbolehkan aturan pemerintah.

Dermaga Pulau Pramuka Berair JernihIkan terlihat dari atas dermaga Pulau Pramuka Foto: (Syanti/detikcom)
Dermaga Pulau Pramuka Berair JernihDermaga Pulau Pramuka Berair Jernih Foto: (Syanti/detikcom)

Pada Jumat pagi, detikcom berkesempatan datang ke Pulau Pramuka. Tak ada hiruk pikuk wisatawan yang gembira berlibur di dermaga. Yang ada hanya aktivitas biasa warga yang datang menyeberang dan petugas dermaga. ada juga pedagang yang berkeliling menawarkan dagangannya. Bisa dikatakan sepi.

Terlihat beberapa kapal melayan bersandar di dermaga. Pasrah diombang-ambing ombak yang menghempas ke tepian.

Namun, detikcom menyadari sesuatu jika air dermaga terlihat bersih bahkan bisa dibilang jernih. Terlihatlah pasir di dasar perairan dengan bebatuan dan karang khas dermaga.

detikcom pun berkeliling dermaga. Mungkin karena masih pagi, perairan masih tenang. Dengan mata telanjang, detikcom bisa melihat ikan-ikan berenang dengan santai. Namun mereka segera kabur saat detikcom mencoba melihat lebih dekat lagi.

Dermaga Pulau Pramuka Berair JernihDermaga Pulau Pramuka Berair Jernih Foto: (Syanti/detikcom)

Tak lama kemudian sebuah kapal merapat ke dermaga. Seorang petugas pun mengarahkan kapal untuk merapat ke sebelah mana.

Perlahan, penumpang turun satu persatu. Hanya beberapa warga saja yang keluar. Sungguh pemandangan yang kontras, dimana biasanya kapal ramai mengangkut wisatawan yang ingin berlibur di akhir pekan.

Namun kita tak bisa berbuat banyak dalam kondisi saat ini, kecuali mematuhi protokol kesehatan dan menjaga diri, bukan? Semoga pandemi segera berlalu hingga kita bisa beramai-ramai lagi berlibur ke Kepulauan Seribu.

Tetap sehat semuanya!



Simak Video "Bakar Ikan Hasil Tawar Menawar di Pasar Pulau Pramuka, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA