Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Agu 2021 07:04 WIB

TRAVEL NEWS

Harga Tes PCR Mahal, Ini Cara Maskapai Menyiasatinya

Tim detikcom
detikTravel
Sejumlah bandara menyediakan fasilitas rapid test antigen dan PCR. Di Bandara Soekarno Hatta, antrean warga yang akan rapid tes antigen mengular panjang.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sampai 16 Agustus, penumpang pesawat diwajibkan menyetor tes PCR H-2 sebelum keberangkatan. Hal ini sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 30 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Harga tes PCR yang masih cukup mahal sampai Rp 900.000 membuat beberapa maskapai berinovasi memberikan kemudahan pada penumpang.

Citilink misalnya memberikan layanan tes PCR dan Antigen gratis itu diberikan Citilink untuk penumpang pada periode 13 Agustus sampai dengan 30 September 2021. Tiket bisa dibeli mulai 12 Agustus 2021 di Aplikasi Betterfly Citilink dan website citilink.co.id.

Citilink membuat promo itu dengan menggandeng SiCepat Ekspres. Layanan itu berlaku di beberapa kota di Indonesia.

Fasilitas tes PCR dan antigen gratis itu dihadirkan sebagai solusi bagi penumpang untuk dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman.

"Di masa pandemi seperti saat ini, selain vaksin, tes PCR juga menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan udara," kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo.

"Kerja sama ini kami harap dapat mengurangi kekhawatiran serta menjawab kebutuhan masyarakat akan perjalanan udara yang aman dan nyaman dengan Citilink. Semoga memberi kemudahan bagi masyarakat Indonesia," Juliandra menambahkan.

CEO SiCepat Ekspres, The Kim Hai, menyambut baik dan mendukung sepenuhnya program penyediaan fasilitas tes PCR gratis ini.

"Melalui kolaborasi ini kami berharap dapat membantu masyarakat khususnya penumpang Citilink yang memang harus melakukan perjalanan udara karena pekerjaan atau hal mendesak lainnya di masa pandemi saat ini. Mereka tetap dapat melakukan perjalanan dengan aman, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar terhindar dari virus Covid-19," ujar The Kim Hai.

Untuk tahap awal ini calon penumpang Citilink bisa mendapatkan layanan PCR dan Antigen di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan Pasporsehat.

Lion Air juga memberikan tes PCR yang lebih murah yakni Rp 475 ribu. Total ada 22 lokasi pengujian sampel yang disiapkan Lion Air.

Persyaratan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut:

1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air),

Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara dapat diperoleh melalui: Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia; www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177-8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA).

2. Voucher RT-PCR dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket),

3. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan RT-PCR, maka dapat membeli voucher RT-PCR dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.

4. Proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan 1x24 jam sebelum keberangkatan. Apabila pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan), maka voucher tidak berlaku.

5. Apabila hasil uji RT-PCR dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang dapat melakukan proses perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa dikenakan biaya.

Infografis Biaya Rapid Test Antigen dan PCRInfografis Biaya Rapid Test Antigen dan PCR di Bandara Foto: Infografis detikcom/Zaki Alfarabi


Simak Video "Pandangan Epidemiolog soal Perbedaan Harga PCR Indonesia dan India"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA