Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Agu 2021 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Nyepur dan Gowes Seli: Mencicipi Nasi Liwet Bu Sukini di Purwosari

Dwi Ari Setyadi
detikTravel
Gowes seli di Stasiun Purwosari, Solo
Gowes seli sambil kulineran di Stasiun Purwosari Solo. (Dwi Ari Setyadi for detikcom)
Surakarta -

Pada masa pandemi, renjana berkelana dengan kereta tak juga sirna, hanya sedikit mereda. Mumpung masih terdampar di Surakarta, cukuplah sepeda lipat ini melipir berburu kudapan di sekitar Stasiun Purwosari saat mentari pagi bersemi, Minggu (15 Agustus 2021).

Menyeberanglah di bawah fly over depan stasiun, menuju Pasar Purwosari. Saat ini, bangunannya masih dalam proses renovasi. Pedagang penghuninya pun menyesaki beberapa gang di Jalan Parang Liris, Kelurahan Sondakan.

Gowes seli di Stasiun Purwosari, SoloGowes seli di Stasiun Purwosari, Solo sekaligus kulineran di Gang Parang Liris Sondakan. Foto: Dwi Ari Setyadi for detikcom

"Haduh, benda pusaka kok malah ketinggalan," keluh Bu Sukini sembari celingukan mencari centong batok sebagai sendok nasi.

Seperti pepatah tak ada rotan akar pun jadi, raut muka penjaja nasi liwet ini pun kembali gembira. Tatakan gelas untuk sementara jadi pemeran pengganti penciduk nasi.

"Sinten rumiyin, siapa dulu ini," sapanya dengan Bahasa Jawa halus kepada barisan pembeli yang telah mengantri sebelumnya.

Selain nasi liwet dengan lauk berbasis ayam, Bu Sukini juga menjajakan gendar ketan dengan topping parutan kelapa dan bubuk kedele serta kuah gula Jawa.

Gowes seli di Stasiun Purwosari, SoloGowes seli di Stasiun Purwosari, Solo sambil mampir ke nasi liwet Bu Sukini (Dwi Ari Setyadi for detikcom)

Di perempatan kawasan ini, ada pula kuliner khas Solo berupa cabuk rambak dan pecel wijen.

Selain itu, hadir juga menu hybrid ala Bu Edah. Perempuan asal Madura ini berjualan lontong sate ayam asli pulau asalnya yang berpadu nikmat dengan tusukan tempe gembus yang oleh warga lokal dikenal dengan nama sate kere.

Sebelum pulang, jangan lupa singgah di kedai Bu Murni. Deretan jamu tradisional seperti beras kencur dan kunir asam siap menjaga kebugaran tubuh.

Gowes seli di Stasiun Purwosari, SoloGowes seli di Stasiun Purwosari, Solo sambil berburu kuliner (Dwi Ari Setyadi for detikcom)

Dia hanya tersenyum saat saya menggodanya bahwa bisnis minuman kesehatannya tetaplah bersinar tak tergerus selama pandemi.

"Alhamdulillah, bisa tetap berjualan sampai saat ini sejak mulai buka tahun 80-an," ujar ibu dua anak yang telah memberinya lima cucu ini.

Semoga berbahagia, senantiasa...



Simak Video "Sensasi Gowes Melewati Jembatan Gantung di Curug Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA